More

    ISBI Bandung Bangun Kampus Seluas 30 Hektar di Padalarang

    ENCEP SUKONTRA

    BANDUNG, KabarKampus-Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung akan membangun kampus baru di kawasan Citatah, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Rencana pembangunan kampus ISBI yang baru ini diharapkan makin memajukan seni dan budaya Jawa Barat.

    Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menjelaskan, ISBI Bandung akan mendapat jatah tanah di kawasan Citatah. Di kawasan tersebut, Pemprov Jabar berencana membangun Geoteater Citatah yang luasnya sekitar 100 hektar.

    - Advertisement -

    “ISBI akan dipindahkan ke dekat geoteater yang nantinya menjadi pusat pengembangan dan penelitian seni,” jelas Deddy Mizwar, kepada Kabar Kampus di Bandung baru-baru ini.

    Saat ini, pengadaan lahan masih dalam proses pembebasan lahan. Dengan menempati lahan baru, kata Deddy, ISBI akan lebih mudah mengembangkan fakultas-fakultas keilmuannya. Selama ini kampus milik Pemprov Jabar yang berada di Jalan Buah Batu, Bandung, itu sudah sulit berkembang karena lahan yang sempit dan fasilitas yang terbatas.

    “Di sana sudah tidak layak, beda dengan waktu masih STSI. Sekarang kan sudah institut akan ada pengembangan fakultas-fakultas yang membutuhkan lahan yang luas,” katanya.

    ISBI merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Menurut Deddy, keberadaan ISBI Bandung akan makin melengkapi perguruan tinggi di Jawa Barat antara lain Universitas Indonesia (Depok), Unpad di Bandung dan Jatinangor, IPB dan ITB.

    Di tempat terpisah, Rektor ISBI Bandung, Een Herdiani, mengatakan pihaknya memang diberi lahan baru di daerah Citatah, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Pemprov Jabar menjanjikan akan memberi 30 hektar yang diberikan secara bertahap.

    Rencananya, lahan baru tersebut akan dijadikan kampus dua ISBI Bandung sebagai pusat pendidikan S1. Sementara ISBI Bandung yang ada di Jalan Buah Batu akan dijadikan galeri, ruang pertunjukkan dan pusat studi S2.

    “Jadi S1-nya di sana (Padalarang), di sini S2 dan tempat jualan karya dan pertunjukkan,” jelas Een. []

    Namun rencana tersebut masih bersiat jangka panjang. Pembangunan saja baru akan dimulai 2019. “Meski masih lama kita doakan saja semoga lancar,” katanya.

    Mengenai jumlah masyarakat yang kuliah di kampus seni, Een mengatakan tiap tahunnya ISBI Bandung justru kelebihan peminat. Tiap angkatannya, ISBI Bandung mencatat ada 500-600 orang dengan total 2.000 mahasiswa. “Kami juga juga menyediakan 60 beasiswa Bidik Misi tiap tahunnya,” kata Een.

    Mahasiswa tersebut mengisi tiga fakultas yang ada, yakni Fakultas Seni Pertunjukan yang membawahi program studi (prodi) Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater, Seni Musik Bambu; Fakultas Seni Rupa Dan Design membawahi prodi Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Rias dan Busana; Fakultas Budaya dan Media membawahi prodi Seni Etnostudi, Film dan Televisi.

    “Minat masyarakat sebenarnya tinggi untuk kuliah di kampus seni. Namun karena kita inrastruktur dan SDM-nya masih terbatas, kita belum bisa nambah mahasiswa,” katanya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here