More

    Perpustakaan UI Luncurkan Arsip Digital “Inside Indonesia”

    Perpustakaan UI luncurkan Arsip Digital Inside Indonesia di Perpustakaan UI, Depok, (27/04/2016). Dok. UI
    Perpustakaan UI luncurkan Arsip Digital Inside Indonesia di Perpustakaan UI, Depok, (27/04/2016). Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) National Library of Australia (NLA) bersama Australia Indonesia Institute (AII) meluncurkan Arsip Digital “Inside Indonesia” di Ruang Internet Perpustakaan UI kampus Depok pada Rabu (27/04/2016). Arsip Digital “Inside Indonesia” merupakan arsip sejarah lebih dari tiga puluh tahun dalam perubahan sosial dan politik di Indonesia.

    Peluncuran arsip digitasi majalah “Inside Indonesia” dihadiri Prof. Tim Lindsey (Chairman of the Australia Indonesia Institute), Ms. Thushara Dibley (Inside Indonesia) dan Fuad Gani, Kepala Perpustakaan UI, Siva UI, serta Pustakawan di lingkungan UI Depok dan Salemba, serta masyarakat umum.

    Fuad Gani, Kepala Perpustakaan UI mengatakan, pentingnya Inside Indonesia Magazine Digital Archive sebagai salah satu sumber informasi digital (e-resources) yang dapat dimanfaatkan oleh Sivitas Akademika UI. Perpustakaan UI berkomitmen meningkatkan koleksi buku baik secara digital maupun cetak.

    - Advertisement -

    “Inside Indonesia mewakili kolaborasi yang telah berjalan lebih dari tiga dekade antara peneliti Indonesia dan Australia, serta menampilkan kontribusi dari sejumlah komentator, cendekiawan, penulis dan aktivis terkemuka Indonesia,” kata Fuad.

    Ia menuturkan, Inside Indonesia pertama kali dipublikasikan di Melbourne pada tahun 1983 oleh Program Sumber Daya dan Informasi Indonesia untuk memberikan informasi yang lebih baik bagi pembacanya. Informasi itu berupa keberagaman masyarakat Indonesia, perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai demokrasi, hak asasi manusia, persamaan ras dan gender, toleransi dan kelestarian lingkungan hidup.

    “Majalah ini adalah sebuah sumber referensi sejarah untuk Indonesia dan Australia,” katanya.

    Pada awalnya, Inside Indonesia merupakan majalah yang didirikan oleh akademis dan aktivis Australia 32 tahun lalu di Melbourne. Inside Indonesia memiliki tujuan awal untuk memberikan lebih banyak informasi mengenai Indonesia pada masa Orde Baru.

    Sekarang Inside Indonesia memegang peranan besar dalam mempererat hubungan Australia-Indonesia dengan mengajak warga Australia lebih mengenal tetangga dekatnya melalui berita dan cerita yang mereka sajikan. Majalah tersebut sudah dapat diakses secara online sejak tahun 2007 dan sekarang semua arsip digitalnya dari tahun 1983 pun sudah tersedia di website.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here