More

    Unik! Cari Jodoh Lewat Kencan Singkat Sambil Tanam Pohon

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Landcare for Singles acara kencan singkat sambil menanam pohon bersama berhasil menarik perhatian banyak lajang di Kota Brisbane.
    Landcare for Singles acara kencan singkat sambil menanam pohon bersama berhasil menarik perhatian banyak lajang di Kota Brisbane.

    Jika biasanya acara kencan singkat dilakukan di cafe, sebuah organisasi pemerhati lingkungan di Brisbane mengajak para lajang di kota tersebut mengikuti progam mencari jodoh semacam ini sambil menanam pohon untuk menghijaukan kota.

    Landcare for Singles (memelihara tanah bagi para lajang), demikian nama program tersebut merupakan acara kencan singkat yang bertujuan membantu warga lajang di Brisbane yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar menemukan belahan hatinya.

    - Advertisement -

    Acara ini diselenggarakan oleh Brisbane Catchments Network dan SEQ Catchments, kedua lembaga ini sudah 2 kali menggelar event kencan singkat seperti ini dan ternyata cukup menarik banyak peminat.

    Apaine Wood, salah seorang fasilitator acara kencan singkat ini mengatakan konsep ini sama dengan event kencan singkat yang biasanya diselenggarakan di cafe atau bar.

    “Biasanya jika mengikuti acara kencan singkat, Anda akan mendatangi bar/tempat minum untuk berbincang dengan seseorang di meja, maka diacara Landcare for Single ini Anda akan diberi pohon untuk ditanam bersama dengan orang yang dipasangkan dengan Anda. Jika sudah selesai Anda akan dirotasi untuk menanam pohon dengan lajang lainnya sampai kegiatan menanam pohon selesai dan masing-masing peserta mendapat giliran untuk berpasangan,” kata Wood menjelaskan mekanisme acara kencan singkat ini.

    “Jadi Anda akan berada diluar ruangan, bertemu orang baru sambil membantu lingkungan dan tentu saja bersenang-senang,”

    Seperti halnya acara kencan singkat lain, perasaan aneh, gugup dan keheningan yang tidak menyenangkan juga menjadi bagian yang umum terjadi ketika para peserta bertemu untuk yang pertama kalinya di acara ini.

    “Orang cenderung gugup pada awal kegiatan ini apalagi mengingat lajang bisa menjadi hal yang bisa sangat menakutkan,” katanya.

    “Tapi begitu para peserta memulai kegiatan menanam pohon mereka akan saling berbincang satu sama lain dan hal ini memberikan kesempatan yang besar bagi orang untuk mencari teman baru dan bertemu dengan orang yang memiliki minat serupa,”

    Sebuah event yang diselenggarakan bulan lalu itu menarik perhatian lebih dari 65 orang lajang.

    “Sangat menyenangkan sekali memiliki lebih banyak anak muda yang ikut menjadi relawan dalam acara ini,” katanya.

    Wood menambahkan acara semacam ini juga efektif untuk menjaring relawan baru bagi kegiatan organisasi mereka.

    “Jika kita berhasil mendapatkan satu orang saja dari kegiatan kencan singkat sambil menanam pohon ini yang mau bergabung menjadi relawan di Landcare atau SEQ Catchments maka itu akan sangat membantu kami,” katanya.

    “Jika tidak membuahkan hasil hubungan cinta yang romantis, paling tidak kita membuka peluang untuk memiliki teman baru dan bertemu dengan orang baru dan menjadi lebih terlibat dalam aktifitas di masa depan seperti pernikahan dan memantau perairan setempat,”

    Program ini merupakan bagian dari inisiatif alam dari Pemerintah Federal yang bertujuan untuuk melibatkan komunitas agar bisa lebih memahami perairan dan juga ruang hijau di sekitar mereka.

    Kelompok pemelihara lingkungan (Landcare groups) ini sepenuhnya beranggotakan relawan. Organisasi ini berharap acara kencan singkat ini dan kemitraan dengan Universitas Queensland akan dapat menumbuhkan jumlah relawan muda.

    “Saat ini kita juga tengah mengupayakan kemitraan dengan Fakultas Lingkungan dan Geografi di UQ, untuk membuka peluang agar relawan kita bisa dilibatkan dalam memonitor kualitas air dan juga mengidentifikasi ikan khas lokal di Brisbane,” katanya.

    Dan meskipun belum ada pengumuman resmi namun sejumlah peserta kencan singkat sambil menanam pohon ini mengaku berhasil mendapatkan pasangan.

    Bayangkan jika Anda bisa bertemu dengan pasangan yang Anda idamkan dari acara semacam ini, Anda bisa kembali mendatangi pohon yang Anda tanam bersama pada hari Anda bertemu. Romantis bukan? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here