More

    Inilah Remaja Australia Termuda yang Berhasil Mencapai Puncak Everest

    AUSTRALIA PLUS INDONESIA

    Alyssa Azar berangkat pukul 4:00 pagi waktu Nepal untuk pendakian terakhir setinggi 800 meter untuk sampai ke puncak Gunung Everest. (Credit: ABC)
    Alyssa Azar berangkat pukul 4:00 pagi waktu Nepal untuk pendakian terakhir setinggi 800 meter untuk sampai ke puncak Gunung Everest. (Credit: ABC)

    Remaja asal Queensland. Alyssa Azar mejadi warga Australia termuda yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest. Keberhasilan ini tercapai dalam upaya pendakian ketiganya.

    Remaja putri berusai 19 tahun ini meninggalkan kamp sekitar pukul 4 am (AEST) untuk melakukan pendakian terakhir sekitar 800 meter ke puncak gunung tertinggi di dunia tersebut.

    - Advertisement -

    Ayah remaja puteri petualang ini, Glenn Azar, saat ini tengah melakukan perjalanan menyusuri Kokoda Track di Papua Nugini, telah memastikan anak perempuannya telah berhasil melakukan misinya mendaku gunung Everest.

    Ini merupakan percobaan ketiga kalinya yang dilakukan oleh remaja asal Toowoomba untuk bisa mencapai puncak Gunung Everest setelah bencana alam menggagalkan 2 percobaan yang dilakukan Alyssa Azar sebelumnya.

    Pada tahun 2014, ketika dia berada di base camp longsoran salju melanda Khumbu, dan menewaskan 16 penunjuk jalan.

    Pada April 2015, dia berusaha lagi melakukan pendakian dan ia tengah berada di base camp ketika Kota Nepal diguncang gempa dahsyat, yang menewaskan lebih dari 3218 orang.

    Sonia Taylor daro kelompok Adventure Professionals mengatakan pencapaian Azar sangat luar biasa. “Ini merupakan cita-cita besar yang diidamkannya selama bertahun-tahun.”

    “Dia memiliki kekuatan mental dan fisik yang luar biasa,” katanya.

    Alysa Azar, saat latihan mempersiapkan pendakian Gunung Everest. FOTO : www.couriermail.com.au
    Alysa Azar, saat latihan mempersiapkan pendakian Gunung Everest. FOTO : www.couriermail.com.au

    Alysa Azar menghabiskan waktu 3 tahun untuk mempersiapkan diri melakukan pendakian ke puncak Gunung Everest ini. Chase Tucker merupakan sosok yang melatih Azar selama 10 pekan terakhir mengatakan dia bekerja sangat keras, sampai-sampai dia mengingatkan Azar agar
    tidak terlalu memaksakan diri.

    Tucker mengatakan hal yang penting untuk melakukan pendakian di Himalaya adalah bukan pelatihan yang intensif, melainkan modulasi dan praktek yang konsisten.

    “Saya melihat Alyssa memiliki banyak karakter yang dimiliki oleh pendaki sejati,”

    “Tekadnya sangat kuat, Ia hanya fokus pada satu tujuan, seperti tidak pernah saya lihat sebelumnya.

    Remaja yang besar di Toowoomba ini sekarang tinggal di Brisbane.

    Dia mulai melakukan trekking pada tahun 2005 melintasi Jalur Kokoda di Papua Nugini dan telah mendari 10 puncak gunung tertinggi di Australia.

    Kesuksesan dan memecahkan rekor bukan hal baru bagi remaja puteri yang satu ini. Pada usia 8 tahun, Alyssa Azar sudah berhasil mencatatkan diri sebagai orang termuda yang berhasil menyeberangi Kokoda Track.

    Sebelumnya orang Australia termuda yang berhasil mencapai puncak 8.847 meter adalah Rex Pemberton, yang melakukannya pada tahun 2005 ketika berusia 21. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here