More

    Mahasiswa UNM Mengabdi di Sekolah Pesisir Lewat Wajan Bolic

    Foto bersama
    Mahasiswa UNM foto bersama pemuda Dusun Maccini Baji dan anak anak di dusun tersebut. 

    MAKASSAR, KabarKampus – Internet memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Karena di dalamnya banyak terkandung ilmu pengetahuan yang luas.  Hanya saja tak semua orang bisa menikmati internet. Salah satunya adalah masyarakat di Dusun Maccini Baji, Kabupaten Takalar.

    Untuk mendorong pemanfaatan internet di desa tersebut mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan pembuatan Wajan Bolic kepada masayarakat khususnya anak muda. Pelatihan ini dilakukan karena adanya akses wifi gratis yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Maccini Baji.

    Wajan bolic merupakan antene dari bahan wajan. Alat ini mampu menangkap sinyal internet dengan jangkauan lima kilometer.

    - Advertisement -

    Aslinda Putri, mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika menuturkan, pembuatan alat ini merupakan inisiatif mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didukung oleh Kemenristek Dikti. Kegiatan pelatihan mereka lakukan mulai dari bulan April hingga Mei 2016.

    “Rangkaian pelatihan meliputi pengurusan administrasi, sosialisasi kegiatan, penyediaan alat dan bahan, dan pelaksanaan kegiatan,” kata Aslinda.

    Adapun, pelatihan membuat wajan bolic digelar tanggal 21 Mei 2016. Dalam pelatihan ini mahasiswa UNM langsung mendampingi anak muda di sana membuat wajan bolic hingga selesai.

    Dalam memberikan pelatihan ini Aslinda tidak sendiri, ia dibantu beberapa rekanya seperti Muhammad Alimka dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Lu’lu Yu’tikan Nabilah dari Prodi Pendidikan Matematika, serta Gunawan sebagai volunteer dari Prodi Pendidikan Elektro.  Aslinda berharap lewat pelatihan ini anak muda Dusun Maccini Baji dapat menyebarkan pengetahuannya kepada dusun-dusun lainnya dan bermanfaat untuk sekolah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here