More

    PT Telkom Pesan 5000 Motor Listrik Karya ITS

    ITS siap luncurkan motor listrik ke pasaran. Dok. ITS
    Motor Listrik buatan ITS. Dok. ITS

    SURABAYA, KabarKampus – Motor skuter listrik GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ternyata memikat banyak pihak. Salah satunya dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Tak tanggung, perusahaan BUMN jasa telekomunikasi ini memesan sebanyak 5000 unit

    Dian Rahmawan, Direktur Konsumer Telkom Indonesia mengatakan, mereka beralasan motor skuter listrik produksi ITS ini bisa lebih meningkatkan produktivitas tim teknisi Indihome. Sehingga delivery layanan menjadi lebih baik. Selain itu mereka juga ingin meningkatkan kemampuan kerja dan safety.

    “Kami punya teknisi jaringan akses Indihome yang sangat banyak dan mereka memerlukan kendaraan dengan spesifikasi seperti GESITS ini,” ujar Dian saat melakukan pertemuan dengan Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, Rektor ITS di ruang kerjanya belum lama ini.

    - Advertisement -

    Selanjutnya, kata Dian, Telkom meminta untuk diberikan modifikasi pada motor listrik sehingga memungkinkan teknisi bisa membawa safety tools di bagasi motor. Diharapkan, dengan motor listrik, selain lebih ramah terhadap isu lingkungan akibat pemakaian bahan bakar, juga bisa lebih menghemat ongkos.

    Tak hanya sampai di sana, Guna memastikan produk yang dipesannya, pria yang akrab disapa DR ini pun langsung melakukan kunjungan ke lokasi pembuatan GESITS yang berada di Gedung Riset Mobil Listrik Nasional (Molina) ITS.

    Semetara itu Rektor ITS mengaku senang dengan adanya pemesanan GESITS oleh PT Telkom Indonesia ini. Hal itu karena menunjukkan produk inovasi kerjasama ITS dan Garansindo telah mendapat kepercayaan konsumen kelas atas.

    “Dan tentunya hal itu akan membawa dampak positif dan gairah luar biasa bagi para peneliti dan produsen lainnya di dalam negeri,” ungkap Joni.

    Motor listrik GESITS ini merupakan perwujudan dari program hilirisasi hasil penelitain yang dilakukan oleh ITS yang dicanangkan oleh Kemenristekdikti. Motor listrik yang diproduksi oleh PT Garansindo Inter Global ini disiapkan untuk bersaing dengan motor matik di pasaran yang mengkonsumsi bahan bakar minyak. Motor ini memiliki kecepatannya mencapai 100 km per jam dam hampir 100 persen bahan GESITS adalah buatan lokal kecuali baterai yang masih harus impor.

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here