More

    Dunia Berduka Atas Kepergian Muhammad Ali

    Muhammad Ali, legenda tinju dunia, meninggal dunia pada Jumat malam (Sabtu waktu Indonesia) pukul 21.10 di rumah sakit di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Sang Legenda menutup mata setelah menjalani perawatan serius.

    Bob Gunnel, juru bicara keluarga Muhammad Ali, mengumumkan secara resmi berita duka kepergian ikon dunia yang pernah menolak ikut wajib militer AS. “Setelah 12 tahun berjuang mengatasi sindroma parkinson, Muhammad Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun,” ungkap Bob Gunnell.

    - Advertisement -

    Selama belasan tahun Muhammad Ali menderita penyakit parkinson. Ia juga divonis menderita infeksi saluran kencin, pneumonia, dan terakhir ketika dilarikan ke rumah sakit ia mengalami gangguan pernafasan.

    Pada masa kritis keluarga mendampingi selama 24 jam terakhir kehidupan Muhammad Ali. “Mereka menghabiskan saat-saat berkualitas dengan Ali untuk menyampaikan kalimat perpisahan terakhir, dan itu adalah saat-saat yang khidmat,” kata Bob Gunnell.

    Muhammad Ali (dulu bernama asli Cassius Clay), dilahirkan di Kentucky pada 1942. Meraih masa keemasan pada tahun 1964 sebagai juara tinju dunia. Namun karena menolak wajib militer 1967, gelarnya dicabut.

    “Saya tidak punya masalah dengan Vietcong. Tak ada Vietcong yang pernah memanggil saya negro,” kata Muhammad Ali.

    “Mereka tidak pernah memanggil saya negro, mereka tidak pernah menggantung saya, mereka tidak mengejar saya dengan anjing, mereka tidak merampok kebangsaan saya, tidak memerkosa ibu dan membunuh ayah saya. Lalu menembak mereka untuk apa? Bagaimana saya bisa menembak mereka orang-orang malang itu. Silakan bawa saya ke penjara!”

    Setelah masa hukumannya berakhir, pada tahun 1974 ia kembali ke atas ring untuk merebut gelar juara dunia dari George Foreman. Muhammad Ali dikenal juga sebagai atlit tinju yang bermulut besar karena terlalu banyak omong.

    Tapi faktanya, dia membuktikan dengan gemilang kehebatan tinjunya di atas ring. Tidak hanya AS, dunia pun kehilangan sang legenda tinju dunia ini. Muhammad Ali dimakamkan di kampung halamannya Louisville, Kentucky, AS.

    Innalillahi wainna ilaihi rojiun..selamat jalan Muhammad Ali. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here