More

    Mahasiswa UNM Kenalkan Internet Sehat Lewat Komik

    Mahasiswa UNM memperkenalkan penggunaan internet sehat lewat KAMAKI kepada siswa SDN Parangtambung II Makassar, Senin, (13/06/2016).
    Mahasiswa UNM memperkenalkan penggunaan internet sehat lewat KAMAKI kepada siswa SDN Parangtambung II Makassar, Senin, (13/06/2016).

    Keberadaan teknologi informasi yang semakin canggih membuat semua orang dapat menjangkau internet dengan mudah. Hanya dengan menekan tombol pada handphone, semua informasi dapat diperoleh.

    Namun dengan semua kemudahan informasi tersebut, bukan berarti internet tidak memiliki dampak negatif. Mulai dari bully di media sosial, pembajakan akun media sosial, kekerasan, pornografi, dan sebagainya ada di internet. Bahkan tak sedikit juga orang yang kecanduan dan lupa waktu karena internet.

    Hal ini mendorong empat mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) membuat media pembelajaran untuk berinternet dengan baik melalui komik. Empat mahasiswa tersebut yaitu Handiswan (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer), Agri Yanto (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer), St. Hajrah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), dan Kasma (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Mereka menamakannya dengan KAMAKI alias Komik Anak Muda Kini

    - Advertisement -

    KAMAKI (Komik Anak Masa Kini) hadir sebagai sebuah solusi dalam mencegah penyalahgunaan internet di Indonesia. KAMAKI terdiri dari beberapa isi cerita sesuai dengan kasus-kasus penyalahgunaan internet di masa sekarang ini seperti bully di media sosial, pembajakan akun social media, dan sebagainya.

    KAMAKI
    KAMAKI

    Handiswan, ketua tim menuturkan, salah satu isi KAMAKI adalah memberitahu anak-anak agar tidak lupa waktu selama bermain internet. Anak-anak juga diajarkan untuk bisa membagi waktu belajar dan beribadahnya kepada Tuhan atau tidak kecanduan bermain internet.

    “Selama bermain internet anak-anak juga harus diawasai oleh orang tuanya,” kata Handiswan.

    Selain itu Handiswan dan teman-temannya juga menuangkan nilai-nilai pendidikan karakter sepeti religious, jujur, gemar membaca, dan lain-lain pada komik tersebut. “Kami berupaya melakukan pencegahan penyalahgunaan internet melalui KAMAKI karena miris sekali dengan kasus-kasus penyalahgunaan internet di tengah zaman teknologi ini” jelas Handiswan.

    Sebagai langkah awal, KAMAKI ini diperkenalkan di SDN Parangtambung II Makassar pada tanggal 13 Juni 2016 kemarin. KAMAKI ini pun mendapat respon positif dari pihak sekolah dan siswa Sekolah Dasar.

    “KAMAKI sangat bagus karena komik ini mengajarkan kita untuk menggunakan internet yang baik dan benar” ungkap Dwi Rahmadani, seorang siswa kelas V.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here