More

    UI Buka Sekolah Kajian Ilmu Lingkungan

    Universitas Indonesia.
    Universitas Indonesia.

    JAKARTA, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) membuka dua program pendidikan baru untuk tahun akademik 2016/2017. Dua prodi tersebut merupakan Sekolah Kajian Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Ilmu Strategik dan Global.

    Dua sekolah ini merupakan hasil pengembangan pendidikan akademik yang sebelumnya bernama Program Pascasarjana UI. Program Pascasarjan (PPS) UI selanjutnya diadakan secara definitif mulai 1 Juli 2016 mendatang. PPS UI akan berubah menjadi dua sekolah yaitu Sekolah Kajian Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Ilmu Strategik dan Global.

    Rifelly Dewi Astuti, SE, MM, Kepala Humas dan KIP UI mengatakan, pengembangan menjadi Sekolah tersebut didasarkan atas Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 2013 tentang Statuta UI dan Peraturan MWA UI nomor 004/Peraturan/MWA-UI/2015 tentang ART UI. Dengan demikian, struktur pimpinan PPS UI telah selesai masa jabatannya namun kegiatan akademik dan belajar-mengajar tetap berjalan di bawah pengampuan Rektor UI.

    - Advertisement -

    “Proses transisi termasuk pemilihan Direktur Sekolah dan struktur terkait lainnya akan dirampungkan dalam empat hingga lima bulan kedepan,” katanya.

    Adapum Sekolah Kajian Ilmu Lingkungan UI memiliki Program studi (prodi) Kajian Ilmu Lingkungan dan Prodi Kajian Pengembangan Perkotaan untuk jenjang magister serta Prodi Ilmu Lingkungan pada jenjang Doktor. Kemudian untuk Sekolah Kajian Ilmu Strategik dan Global memiliki delapan prodi pada jenjang magister yaitu Prodi Kajian Ketahanan Nasional, Prodi Kajian Terorisme, Prodi Kajian Wilayah Amerika, Prodi Kajian Wilayah Jepang, Prodi Kajian Gender, Prodi Kajian Ilmu Kepolisian, Prodi Kajian Timur Tengah & Islam dan Prodi Kajian Eropa.

    Kedua Sekolah tersebut berbasis pendekatan multidisiplin dan interdisiplin sehingga terbuka bagi seluruh sivitas akademika semua jurusan program sarjana. Tidak berbeda dengan sebelumnya, kegiatan belajar mengajar kedua Sekolah ini tetap dilaksanakan di kampus UI Salemba.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here