More

    Jawab Tantangan Pasar, Unpad Buka 6 Prodi D4

    Prof. Dr.med. Tri Hanggono Achmad, Rektor Unpad. Foto : Fauzan Sazli
    Prof. Dr.med. Tri Hanggono Achmad, Rektor Unpad. Foto : Fauzan Sazli

    BANDUNG, KabarKampus – Universitas Padjajaran (Unpad) membuka enam Program Studi D4 untuk tahun ajaran 2016/2017. Enam Prodi tersebut yaitu ; Akutansi Perpajakan, Administrasi Publik, Administrasi Pemerintahan, Bahasa dan Budaya Tiongkok, Manajemen Produksi Media, dan Kebidanan.

    Unpad menganggap program vocational ini penting, untuk mengisi kebutuhan terhadap sarjana terapan. Karena selama ini dalam aspek pembangunan, kebutuhan besarnya adalah tenaga-tenaga  terapan yang lebih banyak prakteknya.

    “Pendidikan Tinggi umumnya populer dengan menghasilkan sarjana dalam lingkup akademik. Padahal dalam dunia nyata, imlementasinya dalam aspek pembangunan kebutuhan besarnya pada sarjana terapan, tenaga vocational, atau tenaga profesional,” kata Pr. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, Rektor Unpad di Kampus Unpad, Bandung, Senin, (25/07/2016).

    - Advertisement -

    Menurut Rektor, secara tradisi yang berkembang adalah pendidikan sarjana yang pendekatannya akademik. Padahal jalur sarjana tidak selalu melalui jalur akademik, bisa melalui jalur terapan yaitu lewat vocasi.

    Namun selama ini, kata Rektor jalur vocasi berhenti di D3. Sementara kebutuhan tenaga Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada level enam atau setara dengan S1. Sementara KKNI D3, level kualifikasinya adalah lima.

    “Kalau ada di posisi ini, maka tidak kompetitif, kalau tidak dilengkapi dengan D4,” ungkap Rektor.

    Selain itu menurut Rektor, selama ini lulusan D3 yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lari kepada S1. Padahal hal tersebut menyimpang. Bila sudah mengambil D4, dia juga bisa berkembang ke arah post graduate S2 atau S3 terapan.

    “Sarjana terapan ini bila tidak kita kembangkan sungguh-sungguh, maka kita akan teringgal dalam temuan teknologi terapan,” ujar Rektor.

    Pendaftaran program Vocasi ini telah dibuka sejak tanggal 25 Juli hingga 6 Agustus 2016. Pendaftaran bisa dilakukan di http;//pendaftaran.unpad.ac.id.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here