More

    Mahasiswa FEB UI Teliti Nelayan Karimunjawa

    02 07 2016 Penelitian DaerahDivisi Penelitian Badan Otonom Economica Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (BOE FEB UI) akan mengadakan penelitian  di Desa Karimun Jawa pada 8-11 Agustus 2016 mendatang. Penelitian ini bertajuk “Analisis Tingkat Kesejahteraan Nelayan berdasarkan Model Dua-Sektor Lewis”.

    Penelitian ini mengambil studi kasus di Desa Karimunjawa dengan target responden merupakan nelayan di Desa Karimunjawa. Ada tiga rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian, yaitu bagaimana tingkat kesejahteraan nelayan dan faktor yang mempengaruhinya, serta faktor yang mempengaruhi keputusan nelayan berpindah ke sektor pariwisata.

    Selanjutnya hasil penelitian akan diserahkan kepada Balai Taman Nasional Karimunjawa yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini, serta akan menjadi bahan pertimbangan pengambilan kebijakan pemerintah daerah setempat khususnya untuk peningkatan kesejahteraan nelayan.

    - Advertisement -

    Program yang dinamakan Penelitian Daerah 2016 ini merupakan wujud kongkret pengabdian mahasiswa kepada masyarakat desa dan juga bentuk pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu mengembangkan penelitian mahasiswa. Program Penelitian Daerah 2016 merupakan program kerja terbesar yang dimiliki oleh divisi penelitian BOE FEB UI.

    Adapun BOE FEB UI merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang jurnalistik keilmuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Organisasi ini telah memiliki alumni-alumni terkenal seperti Sri Mulyani Indrawati, Chatib Basri, Rhenald Kasali, dan masih banyak lagi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here