More

    Mahasiswa Unand Manfaatkan Limbah Kelapa Sawit Jadi Pembungkus Makanan

    Pembungkus makanan dari limbah kelapa sawit
    Pembungkus makanan dari limbah tandan kosong kelapa sawit. (unand)

    Mahasiswa Universitas Andalas mengolah limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) menjadi Kemasan Kertas Ramah Lingkungan berlapis Bioplastik untuk makanan. Kertas yang mereka buat tentunya lebih aman dibandingkan dengan kertas makanan yang beredar dipasaran.

    Para mahasiswa ini adalah Tika Apriliany, Fakhrur Rozi Oktafi, Oktaviandi, Nurmala Sari, dan Febiola Edsa Gazella dengan pembimbing Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim. Mereka berasal merupakan mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian

    Tika Apriliany menuturkan, selama ini limbah TKKS belum termanfaatkan secara optimal dan dibiarkan begitu saja menjadi sampah bahkan dibakar. Padahal limbah TKKS mempunyai potensi untuk dikembangkan dan bernilai ekonomis.

    - Advertisement -

    Ia mengatakan, dalam proses pembuatannya diawali dengan persiapan bahan baku yaitu, tandan kosong kelapa sawit. Kemudian pemasakan (pulping process), pencucian Pulp, penyaringan, disintegrasi, dan pembuatan lembaran kertas. Sedangkan untuk pembuatan bioplastik menggunakan pati dari ubi kayu (tepung tapioka), gliserol dan aquadest.

    “Produk yang dihasilkan dari pengolahan TKKS ini bersifat ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kemasan kertas atau pembungkus makanan yang beredar dipasaran,”kata Tika.

    Pelitian ini sendiri didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti) melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC). PKM-KC merupakan program penciptaan yang didasari oleh karsa dan nalar mahasiswa.

    Program ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu design, sistem dan model atau sejenisnya. Tujuannya adalah untuk menumbuh kembangkan karya kreatif dan inovatif dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diterapkan dalam dunia usaha dan masyarakat luas.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here