More

    Lawalata IPB Raih Penghargaan Kelompok Pecinta Alam Terbaik Se-Indonesia

    Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada Lawalata IPB sebagai kelompok pecinta alam terbaik di Indonesia, Senin, (15/08/2016). Dok. Lawalata IPB
    Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada Lawalata IPB sebagai kelompok pecinta alam terbaik di Indonesia, Senin, (15/08/2016). Dok. Lawalata IPB

    BANDUNG, KabarKampus – Lawalata IPB berhasil meraih penghargaan sebagai Pecinta Alam Terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, hari Senin, (15/08/2016).

    Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam Lawalata IPB berdiri sejak 21 September 1974 ini meraih juara 1 untuk kategori Kelompok Pecinta Alam dalam lomba dan apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional 2016. Penghargaan diberikan karena Lawalata IPB dianggap telah berjasa dalam upaya pelestarian atau konservasi sumberdaya alam di Indonesia.

    Kasrizal, Ketua umum Lawalata IPB mengatakan, perlombaan ini melewati perjuangan yang cukup melelahkan, karena dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Oleh karena itu mereka menganggap penghargaan ini sebagai apresiasi untuk semua yang telah dikerjakan keluarga besar Lawalata IPB dan kampus IPB dan semua pihak yang mendukung.

    - Advertisement -

    “Semoga kemenangan ini terus memotivasi seluruh masyarakat khususnya Pecinta Alam di Indonesia untuk bertindak lebih banyak dan lebih baik terhadap lingkungan,” ucap Kasrizal.

    Ia menuturkan, proses seleksi Lomba Wana Lestari kategori Kelompok Pecinta Alam dimulai dari bulan Mei 2016. Awal seleksi berupa pengumpulan berkas dan pengecekan berkas secara langsung di Sekretariat Lawalata IPB. Aspek yang menjadi penilaian yaitu tata kelola organisasi dan administrasi, aktivitas organisasi, prestasi yang pernah dicapai dan kelompok binaan organisasi.

    Dalam pengecekan tersebut, Direktorat Jenderal PHKA (Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam) selaku panitia kategori ini mengecek antara lain kelengkapan AD/ART Lawalata IPB, laporan dokumentasi kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan SDA, publikasi kegiatan dalam bentuk seminar/ workshop dan buku Anggota.

    Lawalata juga tercatat di salah satu instansi kehutanan di Bogor yang menjadi syarat khusus peserta. Syarat lainnya yaitu kegiatan yang telah dilakukan Lawalata IPB dinilai sebagai upaya penting dalam konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya serta kegiatan lingkungan tersebut tidak merupakan proyek atau kegiatan yang didanai pemerintah dalam lima tahun terakhir.

    Setelah mendapatkan juara 1 tingkat Kabupaten Bogor, Lawalata IPB kembali mengikuti seleksi untuk tingkat Provinsi Jawa Barat pada Juli 2016. Setelah diverifikasi kembali, diumumkan bahwa Lawalata mendapat juara 1 tingkat provinsi sehingga berhak mewakili Provinsi Jawa Barat di tingkat Nasional.

    Pada tingkat nasional, berkas-berkas yang telah dikumpulkan berupa laporan dan dokumentasi kegiatan dinilai oleh tim juri independen. Hingga puncaknya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menobatkan Lawalata IPB sebagai Terbaik 1 kategori Kelompok Pecinta Alam.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here