More

    Patut Dicoba, Sepeda Matic Buatan Mahasiswa UGM

     

    Sepeda tompel buatan mahasiswa UGM. (UGM)
    Sepeda tompel buatan mahasiswa UGM. (UGM)

    Transmisi otomatik biasannya dijumpai pada kendaraan bermotor. Namun kali ini teknologi transmisi otomatik hadir pada sepeda.

    Inovasi ini dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Mereka menamakannya dengan Automatic Pit Onthel atau disingkat Tompel. Tompel menggunakan terknologi transmisi otomatik dengan sistem kerja mekanis secara keseluruhan.

    - Advertisement -

    Para mahasiswa tersebut adalah Dhiva Prima Adi, Khoirunisa Ulya N.U, Dyah Nur Suci, serta Ilham Adityarsena F. Inovasi ini lahir dari Program Kreativitas Mahasiswa UGM.

    Menurut Dyah Nur Suci, pengembangan sepeda Tompel bermula dari keprihatinan mereka akan rendahnya minat masyarakat menggunakan sepeda. Sebagian besar masyarakat lebih memilih memakai sepeda motor dibandingkan sepeda onthel. Oleh karena itu mereka mengembangkan inovasi sepeda yang memadai.

    “Kontur jalan di Indonesia yang kurang baik dan fasilitas jalan bagi pesepeda yang belum memadai menjadikan sepeda motor sebagai transportasi yang paling diminati masyarakat Indonesia,” jelasnya.

    Selanjutnya, Dhiva Prima Adi, Ketua tim mengatakan, saat ini sistem transmisi otomatis sudah banyak digunakan pada sepeda listrik. Hanya saja, teknologi auto shifting gear pada sepeda listrik sangat tergantung pada ketersediaan energi listrik. Sehingga apabila sumber listrik habis maka sistem transmisi otomatis tidak dapat digunakan.

    “Berbeda dengan sepeda listrik, Tompel tidak tergantung pada energi listrik untuk menggerakkan transmisi otomatis,” urainya, Jumat (05/08/2016).

    Dhiva menjelaskan, sistem transmisi secara otomatis akan bekerja menyesuaikan dengan medan yang dilalui. Apabila medan menanjak, secara otomatis gigi sepeda berpindah ke gigi yang ringan. Sebaliknya, jika melewati turunan, nantinya alat akan mengubah gigi ke gigi berat.

    Cara kerjanya, kabel dari sproket yang dipakai untuk mengubah gigi dan terhubung ujung satunya ke handle bar dihubungkan ke pendulum atau pemberat alat. Ketika sepeda dalam keadaan miring saat menaiki tanjakan, kabel tersebut akan tertarik oleh pendulum dan mengubah gigi.

    Para mahasiswa ini berharap, inovasi yang mereka buat dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here