More

    Maha Abdi UI 2016 : Siap Siaga Bencana di Desa Bojong Koneng Bogor

    18-09-2016-maha-abdiDivisi Pengabdian Masyarakat HMIKS UI 2016 mempersembahkan kegiatan Maha Abdi 2016. Kegiatan ini merupakan program yang berfokus dalam bidang mitigasi bencana dari tanggal 11 September-28 Oktober 2016.

    Maha Abdi 2016 akan dilaksanakan di Desa Bojong Koneng, Bogor, yang merupakan wilayah rawan bencana longsor. Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya penanggulangan resiko bencana, juga mengembangkan kemampuan Tim Dukungan Psikososial sebagai salah satu stakeholder disana dengan harapan dapat meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan apabila bencana terjadi.

    Program ini melibatkan masyarakatnya secara langsung. Secara garis besar, program ini akan dibagi menjadi tiga mata acara yakni; Pra-Aksi, Aksi dan Pasca Aksi. Pada Pra-Aksi, terdapat tiga sub-acara yakni; pre-test, pelatihan pembuatan peta resiko bencana dan pembuatan peta resiko bencana. Pada Aksi, terdapat empat sub-acara yakni; pembuatan plang titik rawan bencana, penanaman pohon, Race-Education yang merupakan sosialisasi mengenai mitigasi bencana kepada anak-anak disana, serta pembuatan dan peresmian perpustakaan. Pada Pasca-aksi yang bertepatan dengan hari penanggulangan resiko bencana internasional, akan dilaksanakan pesta rakyat sebagai penutup dari seluruh kegiatan Maha Abdi 2016.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here