More

    Jokowi Tantang Perguruan Tinggi Buka Jurusan Sepak Bola, Kopi, dan Coklat

    Presiden Jokow Widodi membuka Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia Tahun 2018 di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis, (15/02/2018). Foto. KSP

    MAKASSAR, KabarKampus – Presiden Joko Wododo (Jokowi) kembali menatang Perguruan Tinggi untuk melakukan inovasi membuat program studi sesuai kebutuhan zaman dan masyarakat. Diantaranya adalah jurusan sepak bola, kopi, dan coklat.

    Seharusnya, kata Jokowi untuk mendukung industri sepak bola sudah ada fakultas industri olahraga. Jurusan itu adalah manajemen sepak bola atau langsung saja fakultas manajemen sepakbola.

    “Itu ada di negara lain. Ada enggak di sini yang fakultas industri olahraga? Enggak ada kan,” kata Jokowi ketika memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia Tahun 2018 di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis, (15/02/2018).

    - Advertisement -

    Selain itu, kata Jokowi adalah jurusan industri life style yang lain seperti Kopi dan Coklat. Kemudian mengembangkan prodi atau fakultas baru yang inovatif, yang memanfaatkan peluang lanskap ekonomi global.

    Misalnya, sebagai implikasi industri 4.0 dan berkembangnya life style industry. Dikembangkan Program Studi Computional Data Science yang mencetak Data Scientist, Digital Economy juga e-commerce.

    “Lalu fakultas manajemen logistik karena logistik begitu sangat berperan mendistribusikan barang. Ke depan juga berkaitan dengan services atau jasa juga penting sekali,” tuturnya.

    Tak ketinggalan Jokowi mengingatkan, agar semua Perguruan Tinggi menjadi relevan dan berkontribusi untuk masyarakat. Misalnya sebuah perguruan tinggi yang berada di daerah pesisir atau kepulauan bisa memberikan nilai lebih atas keberadaan pantai atau laut di daerahnya melalui inovasi pembudidayaan ikan, pengolahan hasil-hasil laut, pelestarian budaya bahari dan yang lainnya.

    Begitu juga dengan perguruan tinggi yang berada di daerah pertanian. Inovasi pengelolaan lahan yang efektif dan efisien, teknologi peningkatan hasil peternakan dan industri pengolahannya. Penyediaan energi yang efisien dan masih banyak lagi.

    “Sekali lagi, kata kuncinya adalah relevansi dan inovasi. Jangan lagi terjebak pada rutinitas. Cara-cara baru harus dikembangkan. Keinginan mahasiswa dan dosen untuk berinovasi harus ditumbuhkan. Kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan. Saya yakin Bapak dan Ibu bisa bersinergi dengan pemerintah untuk melakukan terobosan besar,” ujar Jokowi.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    1. Sudah lah …
      Seperti ini juga beliau sedang menekankan sebuah kepentingan.
      Kepentingan politik
      Politik untuk meraih kekuasaan
      Sudah teramat susah mendapatkan manusia yang benar-benar ikhlas dari nurani paling dalam di dunia ini.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here