More

    UGM Kirim Mahasiswa KKN ke Asmat

    Acara pelepasan elepasan mahasiswa KKN UGM Peduli Bencana, di ruang pertemuan Gedung Direktorat PKM UGM, Kamis. 15/03/2018). Foto. Firsto UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Universitas Gadjah Mada mengirim 12 orang mahasiswa KKN ke Asmat, Papua. Para mahasiswa tersebut ditugaskan untuk membantu penanggulangan bencana gizi buruk dan campak di sana.

    Dua belas orang mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari 45 orang mahasiswa yang sebelumnya sudah mendaftar untuk bergabung. Mereka dipilih berdasarkan hasil seleksi kesehatan dan psikotes akhirnya terpilih 12 orang yang kesepuluh orangnya adalah wanita.

    Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D., Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) mengatakan, pengiriman mahasiswa KKN ini sebagai langkah awal untuk secara bertahap mengirim mahasiswa KKN secara berkesinambungan. Rencananya mereka akan rutin mengirim tim KKN  selama 3-5 tahun berturut-turut ke sana.

    - Advertisement -

    Menurut Irfan, penerjunan mahasiswa KKN ke Asmat merupakan untuk pertama kalinya dilakukan oleh UGM. Namun, pengiriman mahasiswa tidak hanya sebatas membantu penanggulangan bencana semata, rencananya akan dilakukan pengiriman mahasiswa KKN untuk program pemberdayaan masyarakat di bidang lainnya.

    “Kami tidak bisa menyelesaikan persoalan dalam waktu singkat, apalagi waktu KKN hanya dua bulan sehingga perlu dilakukan berkelanjutan hingga nantinya masyarakat dirasakan bisa berkesempatan hidup secara mandiri,” ujar Irfan kepada wartawan usai pelepasan mahasiswa KKN UGM Peduli Bencana, di ruang pertemuan Gedung Direktorat PKM UGM, Rabu, (15/03/2018).

    Irfan menjelaskan, misi utama mahasiswa KKN yang dikirim ke Agats adalah membentuk kepercayaan masyarakat akan kehadiran mahasiswa KKN dalam membantu memecahkan persoalan warga Asmat. Meski demikian, bagi Irfan pekerjaan mahasiswa tidaklah mudah, karena mereka nantinya akan mengunjungi beberapa distrik yang letaknya cukup jauh dan terisolir dengan minimnya sarana transportasi.

    “Meski beberapa lokasi ada yang cukup jauh untuk dijangkau, saya berharap kalian bisa berbuat lebih banyak untuk warga di sana,” pesannya.

    Dari 12 orang mahasiswa yang dikirim ini terdapat 10 orang dari mahasiswa Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK). Kemudian satu orang dari Fakultas Geografi dan satu orang lainnya dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).

    Fazlur Risyad Loochi selaku Kormanit mahasiwa KKN menyampaikan alasan keikutsertaannya bergabung dalam tim KKN yang dikirim ke Asmat untuk mengabdikan diri membantu masyarakat yang tengah terkena bencana.

    “Kebetulan bidang yang saya geluti bidang kesehatan sehingga motivasi untuk mengabdi dan terjuan langsung sangat besar sekali,” kata mahasiswa FKKMK ini.[]

    .

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here