More

    UGM Bakal Ganti Penceramah yang Timbulkan Polemik

    Pimpinan UGM bakal mengganti penceramah di masjid kampus yang dapat timbulkan polemik di masyarakat. Dok. UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat ketentuan terhadap isi ceramah yang bakal dihadirkan di Masjid UGM selama Ramadhan. Hal ini sehubungan dengan munculnya beragam respons dari masyarakat mengenai beberapa penceramah yang akan dihadirkan di Masjid UGM.

    Penceramah yang dihadirkan adalah memiliki pemahaman dan komitmen yang tinggi untuk menjaga harkat dan martabat kemanusiaan serta nilai-nilai berbangsa dan bernegara, demi persatuan, kesejukan dan kedamaian, serta merawat kebersamaan. Dalam hal ini pimpinan universitas bersama panitia RDK mengambil langkah untuk mengganti penceramah yang menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

    “Kami selalu berpesan karena masjid kita itu masjid kampus maka harus digunakan sebagai tempat kita untuk menuntut ilmu keagamaan dan kontekstual dengan ilmu yang kita pelajari di kampus. Tentu ketika mencari pembicara pun harus yang menyejukkan, yang nasionalis, dan lainnya,” imbuh Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Rektor UGM, dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Pusat UGM, Jumat, (18/05/2018).

    - Advertisement -

    Ketentuan ini, ungkap Panut, diputuskan melalui diskusi antara panitia RDK, takmir masjid kampus, serta pimpinan universitas. Pertimbangannya adalah kenyamanan peserta, pembicara, serta masyarakat.

    Selain itu, nama-nama penceramah yang akan digantikan sendiri masih dalam proses penggodokan dan akan diumumkan dalam beberapa waktu mendatang. Namun penceramah yang akan digantikan di antaranya yang berafiliasi dengan organisasi yang dilarang oleh pemerintah.

    “Perubahan ini akan kami umumkan segera. Melalui upaya ini, diharapkan akan tercipta suasana kampus yang lebih sejuk, harmonis, dan nyaman bagi masyarakat,” tutur Rektor.

    Selain mengganti penceramah yang berpotensi menimbulkan polemik di tengah masyarakat, pimpinan universitas kini juga tengah menyusun panduan serta mekanisme dalam pemilihan penceramah di Masjid Kampus. Kewenangan ini telah diserahkan penuh kepada UGM sejak beberapa tahun silam.

    Acara Ramadan di Kampus UGM sendiri menjadi salah satu kegiatan yang mengisi momen bulan Ramadan di kampus UGM tahun ini. Selama sebulan penuh, berbagai acara akan diselenggarakan di Masjid Kampus UGM, mulai dari acara pesantren Ramadan, dialog tokoh, muslimah inspiring talk, festival cendekia muslim, pagelaran budaya, hingga buka bersama gratis,[]

     

     

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here