More

    Mahasiswa Unila Kibarkan Merah Putih di Laut

    Ahmad Fauzan Sazli

    Klub Selam Anemon Unila usai menurunkan bendera merah putih di Pulau Tegal, Kabupaten Pasawaran, Lampung, Jumat, (17/08). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    Bandar Lampung, KabarKampus – Banyak cara untuk menunjukan rasa nasionalisme di hari kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan mengibarkan bendera merah putih di dalam laut. Ini dilakukan oleh mahasiswa jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung (Unila) yang tergabung dalam klub selam Anemon. Sebanyak 12 mahasiswa mengibarkan bendera merah putih di dalam laut di sekitaran Pulau Tegal, Kabupaten Pasawaran, Lampung, Jumat, (17/08).

    Dengan peralatan selam sederhana, selama setengah jam mereka menggelar upacara dan mengibarkan bendera merah putih serta membacakan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan menanam puluhan koral di sekitaran Pulau Tegal tersebut.

    - Advertisement -

    “Ini cara kami untuk menunjukan rasa patriotisme dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia,”kata Faisal Rais, Ketua Anemon di Pulau Tegal.

    Menurutnya, kemerdekaan Indonesia diraih dengan perjuangan panjang dan tumpah darah para pahlawan. Sebagai anak muda mereka harus menjaga apa yang sudah direbut.  Selain itu Indonesia adalah negara maritime. “Menjaga lingkungan dan melestarikan lingkungan laut adalah salah satu bentuk kecintaan dan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia,” terang Faisal.

    Bendera yang dikibarkan pada pukul 13.00 WIB tersebut kemudian diturunkan kembali pada pukul 16.00 WIB.  Meski dideru ombak yang agak besar kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini berjalan dengan lancar.[]

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here