KONTAK

Silakan kirim informasi (siaran pers) mengenai kegiatan kampus Anda ke [email protected] | untuk kerjasama media partner silakan kirim proposal Anda ke [email protected]

Follow akun resmi kabarkampus  twitter & instagram @kabarkampuscom

 

PT. CITA INSAN CEMERLANG
Jalan Tirtayasa No. 49, Bandung
Jawa Barat, Indonesia
Phone : 022-20512187
Email  : [email protected] [[email protected]]

 

INFORMASI dan PEMASANGAN IKLAN :
[email protected]

 

9 COMMENTS

  1. Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) with FORUM MUDA PARAMADINA Present TALK SHOW “Mengenal Wahib, Menebar Toleransi”

    Narasumber :
    Ihsan Ali Fauzi (Dosen Ilmu Politik dan Direktur Yayasan Wakaf Paramadina)
    Moderator :
    Husni Mubarok (Aktivis Forum Muda Paramadina)
    Live Performance : – Mapah Layung – The Karl Marx
    Fasilitas : Sertifikat, konsumsi, doorprize berupa buku-buku terbitan Yayasan Paramadina
    FREE!!!
    -Senin 28 November 2011-
    10:00 – 13:00
    Auditorium UIN SGD Bandung
    CP : 081931393629 (Salim) & 085722480235 (Ihsan)
    Supported by: Hivos People Unlimited
    Media partner by: LPM SUAKA & UKM WSC
    ______________
    Pada peralihan tahun 1970-an, di kalangan kawan-kawan dekatnya di Yogyakarta, Ahmad Wahib dikenal sebagai pemikir Muslim yang progresif. Di kota pelajar itu, dia juga dikenal sebagai aktivis organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), sebelum menyatakan keluar darinya dan penggerak utama Limited Group, kelompok studi mahasiswa yang rajin mengadakan pertukaran pikiran mengenai berbagai masalah.
    Belakangan, dia pindah ke Jakarta sebagai wartawan Tempo. Sayang, dia wafat di usia muda karena kecelakaan ketika menjalankan tugasnya sebagai wartawan.
    Untungnya, anak muda santri kelahiran Madura yang kuliah di UGM itu meninggalkan catatan harian yang diisinya dengan cukup rajin. Pada 1982, catatan harian itu diterbitkan sebagai “Pergorolakan Pemikiran Islam: Catatan Harian Ahmad Wahib.” Buku itu segera mengundang kontoversi: sebagian kalangan memujinya, sebagian lainnya tidak.
    Dari catatan harian itu, kita tahu betapa Wahib adalah seorang pencari kebenaran yang tak kenal lelah. Tulisannya suatu kali: “Aku belum tahu apakah Islam itu sebenarnya. Aku baru tahu Islam menurut Hamka, Islam menurut Natsir, … Dan terus terang Aku tidak puas. Yang kucari belum ketemu, yaitu Islam menurut Allah, pembuatnya. Bagaimana? Langsung studi Al-Quran dan sunnah, akan kucoba. Tapi Orang-Orang lain pun akan menganggap bahwa yang kudapat itu Islam menurut aku sendiri. Tapi biar, yang penting adalah keyakinan dalam akal sehatku yang kupahami itu Islam menurut Allah. Aku harus yakin itu. Terus menurut didekati.”
    Dari situ kita tahu betapa kritinya Wahib. Dia ingin tampil sebagai penganut agama dengan kekuatan pikirannya sendiri. Jelas juga bahwa Islam yang dicarinya adalah Islam yang dapat menopang Pluralisme Indonesia, negara yang sangat dicintainya. Sebuah Islam yang terbuka dan toleran kepada para penganut agama-agama lain. Dia misalnya menulis: “Bagi kita, theis dan theis bisa berkumpul. Muslim dan Kartini bisa bercanda. Artis dan Atlit bisa bergurau. Kafirin dan muttaqin bisa bermesraan. Tapi pluralis dan anti pluralis tidak bisa bersatu.”
    Dari segi ini, Wahib adalah satu ladang subur darimana ilham mengenai pemikiran-pemikiran Islam yang pluralis dan toleran bisa digali, dilanjutkan, diperkaya. Sayangnya, di luar catatan hariannya di atas, tak banyak yang dikenal publik mengenai almarhum. Dewasa ini hanya segelintir kalangan terdidik Muslim yang membaca dan mengenalnya.
    Dengan kata lain, Wahib tak sepopuler Soe Hok Gie, pemimpin mahasiswa lainnya di jakarta yang sama-sama mati muda dan meninggalkan catatan harian. Beda dari Hoek Gie yang riwayat hidupnya kini sudah difilmkan, Gie (disutradarai Riri Reza), Wahib yang banyak dikenal publik Indonesia, apalagi anak-anak muda.
    Karenanya, dalam rangka menebarkan wawasan pluralisme dam toleransi di Indonesia, Wahib perlu diperkenalkan secara sistematis. Catatan hariannya adalah medium yang cukup bisa diakses siapa pun, termasuk anak-anak muda, untuk memasuki pemikiran dan renungan-renungannya tentang Islam yang plural dan toleran di Tanah Air.
    Atas dasar itu, Forum Muda Paramadina akan menyelenggarakan Talk Show dengan Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) UIN SGD Bandung.

  2. Dear, admin 🙂

    Saya, Rizal Ferdiansyah dari Humas dan Media Partner Tossaka 8th Universitas Indonesia, bermaksud menawarkan kerja sama dalam bidang media partner dengan kabarkampus.com dalam hal publikasi acara Tossaka 8th yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Februari 2012 serentak di 10 wilayah se-Jabodetabek. dapat menghubungi kemana ya ?? dan bagaimana prosedurnya ??
    Terima Kasih.

    Tossaka 8th “Dive into Deepest and Achieve Your Dream”

    Best Regards,
    Rizal Ferdiansyah

    contact person : 085664417684 (Rizal Ferdiansyah)

  3. Selamat siang..

    Saya Yeremia Parinding dari FISIP UI, kami dari jurusan Administrasi Negara akan mengadakan Konferensi Nasional Mahasiswa Administrasi Negara. Saya bisa ngga Pak/Bu dapatkan nomor contact Manajer Promosi/Marketing kabarkampus.com untuk melakukan kerjasama media partner? Mohon dikirimkan ke [email protected]. Terima kasih, selamat siang..

    Regards
    Jeremy

  4. Hello Kabar Kampus,

    Saya Eko Lannue Ardy selaku Redaksi Majalah CHIP (www.chip.co.id). Saat ini CHIP berencana untuk membuat rubrik “CHIP Campus” yang menyajikan tulisan2 feature mengenai teknologi informasi. Harapannya, ada rekan2 kampus atau universitas yang berminat untuk hal ini. Untuk lebih lanjutnya, bisa e-mail ke [email protected]. Terima kasih.

  5. saya sering membantu humas Kopertis Wilayah IX Sulawesi membawahi 347 kampus PTS menyebar pada 6 provinsi di Pulau Sulawesi. Sekiranya ada rilis kopertis IX yang ingin diinformasikan di kabarkamous.com, bagaiman proses dan syaratnya … ?

    muhammad yahya mustafa
    Jl. Bung Tamalanrea Makassar

  6. saya jaka dari LPM EKSPRESI mau tanya, di kabar kampus itu ada kerja sama dengan lpm di kampus2 ya? seperti di suaka contohya, kira-kira alau boleh tau bagaimana mekanisme kerja sama nya, dalam hal tulisan .. terimakasih.

  7. Selamat Malam. Saya Miranti Garini dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia akan mengadakan acara “Bengkel Photo 2012” pada tanggal 17 Maret 2012 mendatang. Saya ingin menawarkan kerjasama media partner dengan kabarkampus.com, bisa saya mendapat alamat email kabarkampus.com untuk mengirimkan proposal serta surat penawaran kerjasama? Mohon kerjasamanya untuk mengirimkan informasi tersebut ke alamat [email protected]. Terima kasih sebelumnya

    Regards,
    Miranti Garini
    Publikasi Bengkel Photo 2012

  8. Selamat malam, saya Miranti dari Publikasi Bengkel Photo FEUI. Mengenai rencana kerjasama media partner dengan Kabarkampus.com, jika sudah setuju dengan MOU yang kami kirimkan ke email, kami mengharapkan pihak Kabarkampus.com untuk menindaklanjutinya karena deadline memasukkan logo ke media publikasi acara kami (terutama poster) adalah paling lambat 25 Feb.

    Kami tunggu kabar baiknya, terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here