More

    Tumbukan Cinta Pada Anak, Mahasiswa UNY Buat Batmon

    Salah satu batik bercorak  doraemon buatan mahasiswa UNY. Foto : FB Batmon
    Salah satu batik bercorak doraemon buatan mahasiswa UNY. Foto : FB Batmon

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Batik adalah salah satu motif pakaian yang populer Indonesia. Selain bisa digunakan untuk santai, batik juga bisa digunakan sebagai pakaian resmi. Selain itu batik juga dapat digunakan untuk berbagai usia, baik orang dewasa maupun anak-anak.

    Untuk menarik minat anak-anak agar menggunakan batik, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta membuat modifikasi batik dengan cap bermotif kartun Jepang Doraemon. Agar tetap bernuansa tradisional, karakter Doraemon juga dimodifikasi berbusana adat jawa.

    Mahasiswa UNY yang menggagas Batmon terdiri daru Ratna Very Viana, Trialita Ika Rahmawati, Palupi Yuliyani (Prodi Pendidikan Fisika) dan Andika Setyo Wicaksono (Prodi Teknik Elektronika). Mereka memodifikasi batik ini sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa cinta anak terhadap budaya lokal khususnya batik.

    - Advertisement -

    “Kami bekerjasama dengan mitra dalam pembuatan cap batik doraemon dan proses membatiknya. Penjahitan bahan menjadi baju disesuaikan dengan ukuran anak,” kata Ratna.

    Ia menjelaskan, baju batik yang telah diproduksi oleh mitra produksi, selanjutnya mereka finishing dengan memasukkannya ke dalam plastik dan memberi label produk “Batmon” di bagian kerah baju. Per potong harganya kami patok sebesar Rp 60.000,00.

    Selanjutnya, menurut Ratna, mereka melakukan promosi dan pemasaran dari mulut ke mulut, membuat fans page di jejaring sosial, pemasangan iklan di media massa, menyebar pamflet dan melakukan promosi ke masyarakat umum.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here