More

    Akutansi Binus, Satu-satunya Prodi Terakreditasi EFMD EPAS di Indonesia

    Sejumlah petinggi Binus University berfoto dalam peluncuran kampus Binus Alam Sutra. Foto : Fauzan
    Sejumlah petinggi Binus University berfoto dalam peluncuran kampus Binus Alam Sutra. Foto : Fauzan

    JAKARTA, KabarKampus – Program S-1 Accounting  & Finance, Fakulty of Business Binus University International meraih akreditasi EFMD EPAS, yakni akreditasi internasional untuk program akademis yang terafiliasi business school. Perolehan akreditasi ini menjadikan Binus menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi internasional standar Eropa untuk sekolah bisnis dan managemen.

    “Bagi kita di Indonesia, ini suatu kebanggaan karena sudah dapat secara terbuka menyatakan Indonesia siap bertarung. Kami sudah kita sudah punya universitas yang terakreditasi  internasional,” kata Dewi  Fitriasari, Ph.D, Head of Program School of Accountung Binus University Internasional di kampus Binus, Jakarta, Selasa, (20/01/2014).

    Ia menuturkan, akreditasi internasional adalah seal of approval di tingkat internasional. Artinya sebuah universitas memiliki desain yang membuat universitas tersebut mampu mencetak lulusan yang dapat berkompetisi secara internasional head to head dengan lulusan luar negeri lannya.

    - Advertisement -

    Oleh karena itu, kata Dewi, pencapaian akreditasi di Binus University tidak berhenti disana. Program Accounting Finance juga akan terus meningkatkan kualitas melalui akreditasi internasional lainnya. Ini adalah langkah awal, kami mulai dari EFMD EPAS, karena memungkinkan akreditasi internasional untuk unit akademis tertentu dari suatu universitas selama program tersebut terafiliasi di business school,” tambah Dewi.

    Menurut Dewi, pengakuan internasional ini memberi keuntungan bagi mahasiswa. Mereka yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri atau bekerja di negara lain dan perusahaan multinasional akan lebih mendapatkan peluang.

    “Karena mereka sudah terbentuk secara akademis dan pola pikir global,” jelas Dewi.

    EFMD atau European Foundation for Management Development (EFMD) sendiri merupakan organisasi akreditasi business school berbasis di Belgia, Eropa, dan terbagi menjadi sejumlah kategori. Kategori tersebut diantaranya EFMD Improvement Quality System (EQUIS) dan EFMD Programme Accreditation System (EPAS) EQUIS merupakan akreditasi di tingkat institusi (universitas, sementara EPAS merupakan akreditasi untuk tingkat Prodi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here