More

    UI Raih Predikat Sebagai Kampus Terhijau di Indonesia

    UI Umumkan kampus paling hijau se-dunia. Dok. fauzan
    UI Umumkan kampus paling hijau se-dunia. Dok. fauzan

    DEPOK, KabarKampus – UI GreenMetric Ranking of World Universities 2014 mengumumkan pemeringkatan  perguruan tinggi terbaik di dunia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus.  Ajang ini diikuti oleh sebanyak 360 Universitas dari 62 negara di dunia.

    Kampus hijau terbaik pertama diraih oleh University of Nottingham (Inggris), kedua University College Cork National University of Ireland (Ireland), dan ketiga adalah Nottingham Trent University. Sementara untuk tiga kampus hijau terbaik di Indonesia, peringkat pertama diraih oleh Universitas Indonesia, kedua Institut Pertanian Bogor, dan ketiga Universitas Negeri Semarang (Unnes).

    Prof. Riri Fitri Sari, Ketua UI Green Metric mengatakan, pemilihan kampus hijau sedunia ini menggunakan bobot nilai yang terdiri dari statistik kehijauan kampus (15 persen), pengelolaan sampah (18 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), penggunaan air (21 persen), transportasi (18 persen),  dan pendidikan (18 persen).  Pemeringkatan ini juga dilandasi oleh tiga filosofi, yaitu Environment, Economic, dan Equity.

    - Advertisement -

    “Untuk UI, point terbesar adalah dalam hal setting setting dan infrastruktur hijau sendiri.  Persentase adalah sebesar 18 persen,” kata Prof Riri dalam konferensi pers pengumuman UI GreenMetric di kampus UI, Depok, Jumat, (16/01/2014).

    Lebih lanjut, Prof. Riri menambahkan, setelah lima tahun diadakan, UI  GreenMetric juga telah berhasil menarik perhatian institusi dan universitas-universitas di negara lain. Pada bulan April 2014, salah satu tim UI Greenmetric diundang untuk mempresentasikan Greenmetric pada III Asian Universities Forum (Eurasian Diversity and Role of Universities for Sustainable Development). Forum ini adalah bagian dari VII Astana Economic Forum yang diselenggarakan oleh Al-Farabi National University of Kazakhstan yang pada akhirnya menyepakati untuk menjadikan  UI Greenmetric 2014 sebagai panduan sustainability assessment untuk  universitas-universitas di wilayah Eurasia.

    Sementara itu, Prof Anies, Rektor UI menambahkan, UI GreenMetric Ranking merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia dan perguruan tinggi pertama di dunia yang berbasis komitment pada pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, pendidikan, penelitian lingkungan, dan  berkelanjutan.

    “UI berupaya indikator pencapaian yang dievaluasi oleh UI GreenMetric dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan menjadi pemicu munculnya upaya  penghematan energi, gaya hidup yang memperhatikan keberlanjutan kehidupan ke depan, pengolahan sampah yang lebih baik untuk limbah  berbahaya dan limbah organic/nonorganik, transportasi ramah lingkungan dan berbagai upaya untuk mengantisipasi perubahan iklim global dan gas rumah kaca,” katanya.

    UI GreenMetric sendiri merupakan lembaga pemeringkatan yang telah diterima  sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group)  secara resmi pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei. IREG  adalah lembaga yang berpusat di Belgia dan merupakan lembaga penting karena perannya sebagai quality assurance (penjaminan mutu) lembaga pemeringkatan dengan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia.

    Selain itu, berbagai analisa pemanfaatan pemeringkatan universitas di forum UNESCO, situs-situs  web universitas di dunia,  dan berbagai publikasi ilmiah di Jurnal internasional di Eropa dan Amerika telah banyak menyebut UI Greenmetric. Diharapkan upaya yang dilakukan UI GreenMetric dapat mendorong UI untuk menjadi trendsetter  di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here