More

    Kisah Hantu di 5 Kampus Bandung

    Mahasiswa  Fakultas Ilmu Budaya UI jadi hantu gentayangan. FOTO  : AHMAD FAUZAN
    Ilustrasi

    Percaya atau tidak percaya hantu memang ada. Buktinya banyak orang yang pernah mengalami bertemu dengan hantu.

    Biasanya hantu berasal dari cerita legenda urban, yaitu cerita desas desus dari obrolan warung kopi yang dituturkan oleh siapa saja. Termasuk cerita hantu di kampus-kampus di Kota Bandung. Namun penampakan hantu ini kerap muncul mengikuti legenda dan disaksikan dengan mata terbuka.

    Berikut adalah kisah hantu di lima kampus di Kota Bandung :

    - Advertisement -

    Noni Belanda di Kampus Unisba

    Kampus Unisba merupakan kampus yang dibangun di bekas kuburan orang Belanda. Konon hantu yang bergentayangan di kampus jalan Taman Sari No. 1 ini adalah hantu Noni Belanda. Hantu Noni Belanda berwujud perempuan berambut pirang bermata biru dengan gaun seperti perempuan Belanda yang ada di jaman penjajahan Belanda tempo dulu.

    Noni Belanda biasanya muncul pada malam hari. Sejumlah mahasiswa Unisba yang sering menginap di kampus, pernah menjumpai hantu Noni Belanda ini di toilet bawah masjid Unisba. Konon, Noni Belanda juga muncul di lantai tiga gedung kuliah Unisba.

    Hantu Kerudung Merah ITB

    Cerita soal hantu kerudung merah sudah santer tedengar di kalangan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak lama. Bahkan pada tahun 2008 lalu, salah satu alumni ITB mengaku pernah melihat hantu ini di sekitaran Labtek Biru di dalam kampus ITB.

    Wina, alumni Biologi ITB mengatakan, ia pernah melihat seorang perempuan duduk di Selasar Kebab d Labtek Biru ITB . Perempuan itu menggunakan kerudung berwarna merah panjang. Ia terlihat seperti seseorang yang sedang menunggu.

    Peristiwa dialaminya pada tahun 2008 sekitar pukul 23.30 WIB. Ketika ia bersama dengan teman-temanya pulang dari Labtek ITB.

    Hantu Gamelan di ISBI

    Bagi mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung terutama jurusan Gamelan, mendengar suara gamelan yang berbunyi sendiri bukan hal yang aneh lagi. Bahkan hampir semua gedung yang menyimpan gamelan kalau malam kerap berbunyi.

    Peristiwa ini pernah dialami oleh Erte, alumni ISBI jurusan Karawitan. Menurutnya, kalau kondisi kampus sedang sepi atau pada malam hari, suara gamelan sering terdengar. Selain itu ia juga pernah mengalami sendiri saat bersama teman-temannya bermain gamelan, gong yang tidak dimainkan kadang berbunyi sendiri.

    Tak hanya itu, pada suatu hari ketika teman Erte membongkar alat musik di sebuah ruangan di kampus dan saat ditinggalkan didapati alat-alat tersebut sudah rapih dengan sendirinya. Padahal saat ditinggalkan ruang dalam kondisi terkunci.

    Hantu Asrama Unpad

    Pada  tahun 1999, seorang mahasiswi Universitas Padjajaran (Unpad) melompat dari lantai paling atas asrama wanita di dalam kampus Unpad Jatinangor. Kemudian nyawa mahasiswa yang diduga bunuh diri tersebut tak mampu tertolong dan meninggal dunia.

    Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2004, seorang mahasiswi yang tinggal di asrama Unpad melihat seorang perempuan melompat-lompat di atas asrama pria yang tak jauh dari asrama wanita. Kemudian dari lantai atas, perempuan tersebut melompat ke bawah dan masuk ke asrama wanita.

    Para penghuni asrama menduga, perempuan yang melompat tersebut adalah hantu mahasiswa yang pernah bunuh diri pada tahun 1999.

    Jeritan Wanita di Gedung Isola UPI

    Vila Isola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan bangunan tua yang dibangun sejak tahun 1933. Bangunan bergaya klasik Eropa ini banyak menyimpan cerita horor di dalamnya.

    Konon bila malam tiba, gedung yang dikelilingi oleh banyak pohon ini sering terdengar suara jeritan dan tangisan perempuan.

    Bagaimana dengan kampus kamu, apakah ada cerita hantu yang sama?

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here