More

    Inilah Ilmuwan Fisika Termuda dari Universitas Texas

    DAILYMAIL

    Hidup yang sesungguhnya dimulai ketika kita lulus dari perkuliahan. Tak sepenuhnya benar, namun tetap tak bisa dibantah secarah utuh. Menggunakan logika di atas, maka Carson Huey-You yang baru berumur 14 tahun segera memasuki kehidupan yang sesungguhnya.

    Carson Huey You. FOTO : AP/DAILYMAIL

    Carson Huey-You adalah ilmuwan fisika termuda yang pernah lulus dari Texas Christian University. Sabtu, 13 Mei 2017 silam Carson merupakan satu dari 2000 siswa yang mendapatkan gelarnya di Sekolah Fort Worh.

    - Advertisement -

    Prestasinya ini tentu saja akan tercatat ke dalam buku sejarah, namun anak laki-laki yang melabeli dirinya “normal dude” ini dengan yakin memantapkan pilihan untuk mengambil gelar doktor dalam bidang mekanika kuantum.

    Carson tidak melihat dirinya berbeda dengan orang seusianya, bahkan dia merasa tidak enak ketika ada yang menyebutnya sebagai jenius atau selebriti. “Aku orang biasa” akunya pada star-telegram.

    “Ini hanya sesuatu yang coba saya pelajari, saya bukan seorang jenius. Saya hanyalah anak laki-laki biasa yang berumur 14 tahun dan mengikuti perkuliahan.”

    Carson hanya 4 tahun lebih muda jika dibandingkan dengan lulusan universitas termuda di dunia. Sorotan pertama yang diperoleh Carson adalah pada tahun 2013 ketika memasuki universitas pada usia 11 tahun. Saat pertama kali memasuki kampus, Carson merasa terintimidasi oleh lingkungan barunya. Carson juga sempat merasa kelas-kelas dalam perkuliahannya ternyata lebih sulit dari yang pernah diantisipasinya.

    “Ketika saya mendapatkan nilai tes yang buruk, saya aka pulang dengan kecewa dan berpikir, “Oh seharusnya saya tahu, seharusnya saya bisa melakukannya dengan lebih baik.”

    Seiring waktu Carson menjadi lebih yakin,“Sekarang saya lebih paham tentang bagaimana menghadapi kekecewaan, dan saya tahu saya harus bangkit kembali.”

    Terpesona dengan “hal-hal berukuran kecil” yang terdapat dalam fisika kuantum, Carson melihat bidang ini adalah pusat masa depan untuk smartphone dan perangkat elektronik lainnya.

    “Mekanika kuantum berurusan dengan hal-hal yang sangat kecil,” jelas Carson. “Bahkan tak jarang melewati skala mikroskopis sehingga berbicara mengenai elektron, proton dn neutron – lebih kecil lagi bahkan masuk menuju quark.”

    Carson kemudian menambahkan, “Telepon pintar, komputer dan alat-alat elektronik bekerja menggunakan mekanika kuantum. Jika anda menginginkan teknologi yang ringkas dan mampu dimuat dalam tempat yang kecil maka di situlah anda harus mencari.”[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here