More

    Tel-U, UMY, dan Binus, Deretan PTS Terbaik 2020

    BANDUNG, KabarKampus – Telkom University, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) dan Bina Nusantara University secara berurutan menempati posisi 1, 2 dan 3 sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia. Pemeringkatan ini diberikan oleh webometrics, salah satu lembaga pemeringkatan dunia yang memberikan penilaian terhadap perguruan tinggi di seluruh di dunia pada bulan Juli 2020.

    Webometrics setiap tahun mengumumkan peringkat universitas dunia berdasarkan kinerja websitenya di bulan Januari dan Juli. Penilaian diberikan melalui empat komponen yaitu, Presence, Visibility, Tranparency (or Openness) dan Excellence (or Scholar).

    Untuk komponen Presence dinilai dari ukuran (jumlah halaman) dari domain web utama institusi dengan bobot sebesar 5 persen, komponen Visibiilty dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi dengan bobot sebesar 50 persen, komponen Tranparency (or Openness) dinilai dari jumlah kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot sebesar 10 persen serta komponen Excellence dinilai dari jumlah makalah diantara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima tahun (2013-2017).

    - Advertisement -

    Untuk tingkat Indonesia perguruan tinggi terbaik diraih oleh Universitas Indonesia, kemudian disusul oleh Institut Teknologi Bandung dan Universtas Brawijaya. Sementara itu Tel-U, UMY, dan Binus berada diurutan 5, 11, dan 14.

    Berikut 20 perguruan tinggi terbaik berdasarkan pemeringkatan webometrics :

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here