More

    Salip ITB dan UGM, IPB Peringkat Pertama Kampus Terbaik 2020

    Ilustrasi IPB / Sumber : IPB

    JAKARTA, KabarKampus – Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi perguruan terbaik di Indonesia berdasarkan klasterisasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020. Kampus di Kota Bogor ini menyalip Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada yang pada tahun 2019 berada di peringkat pertama dan kedua.

    Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengatakan, klasterisasi ini salah satunya berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia. Indentifikasi terkait kualitas kinerja tersebut berdasarkan empat aspek yaitu mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

    - Advertisement -

    Untuk aspek input, indikatornya adalah persentase dosen berpendidikan S3, persentase dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar, rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen bekerja sebagai praktisi di industri minimum 6 bulan.

    Kemudian aspek proses antara lain Akreditasi Institusi, Akreditasi Program Studi, Pembelajaran Daring, Kerjasama perguruan tinggi, Kelengkapan Laporan PDDIKTI, Jumlah Program Studi bekerja sama dengan DUDI, NGO atau QS Top 100 WCU by subject, Jumlah Program Studi melaksanakan program merdeka belajar, Jumlah mahasiswa yang mengikuti Program Merdeka Belajar.

    Pada aspek output, antara lain jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian, kinerja kemahasiswaan, jumlah program studi yang telah memperoleh Akreditasi atau Sertifikasi International.

    Sementara pada aspek outcome, terdapat lima indikator yang digunakan antara lain kinerja inovasi, jumlah sitasi per dosen, jumlah patent per dosen, kinerja pengabdian masyarakat, dan persentase lulusan perguruan tinggi yang memperoleh pekerjaan dalam waktu 6 bulan.

    Dari hasil analisis terhadap data-data dari 2.136 perguruan tinggi diperoleh hasil klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020. Ada lima klaster perguruan tinggi dengan komposisi klaster 1 berjumlah 15 perguruan tinggi, klaster 2 berjumlah 34 perguruan tinggi, klaster 3 berjumlah 97 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 400 perguruan tinggi, dan klaster 5 berjumlah 1.590 perguruan tinggi.

    “Tidak ada perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan swasta dalam hal penilaian. Kuncinya tetap berada pada leadership dan sinergi. Selama rektor perguruan tinggi bisa membangun sinergi, maka hal itu merupakan kekuatan perguruan tinggi untuk mewujudkan visi dan misinya dalam membawa seluruh civitas akademika untuk meningkatkan kualitasnya,” ujar Nizam dalam siaran pernya.

    Berikut adalah urutan perguruan tinggi berdasarkan klasterisasi Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud :

    1.      Institut Pertanian Bogor (klaster 1)

    2.      Universitas Indonesia (klaster 1)

    3.      Universitas Gadjah Mada (klaster 1)

    4.      Universitas Airlangga (klaster 1)

    5.      Institut Teknologi Bandung (klaster 1)

    6.      Institut Teknologi Sepuluh November (klaster 1)

    7.      Universitas Hasanuddin (klaster 1)

    8.      Universitas Brawijaya (klaster 1)

    9.      Universitas Diponegoro (klaster 1)

    10.   Universitas Padjadjaran (klaster 1)

    11.   Universitas Sebelas Maret (klaster 1)

    12.   Universitas Negeri Yogyakarta (klaster 1)

    13.   Universitas Andalas (klaster 1)

    14.   Universitas Sumatera Utara (klaster 1)

    15.   Universitas Negeri Malang (klaster 1)

    16.   Universitas Pendidikan Indonesia (klaster 2)

    17.   Telkom University (klaster 2)

    18.   Universitas Negeri Semarang (klaster 2)

    19.   Universitas Negeri Surabaya (klaster 2)    

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here