More

    Unnes Gelar Apel Berbahasa Jawa

    Ahmad Fauzan Sazli

    24 02 2012 Upacara Bahasa JawaJAKARTA, KabarKampus – Setiap hari senin seperti biasa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes) menggelar apel rutin di FBS Unnes. Namun ada yang tak biasa dalam apel kali ini, seluruh petugas upacara menggunakan bahasa dan busana Jawa.

    “Para nayaka, sigra!,” kata Amang Kokok Prabowo, sebagai pemimpin upacara, mengkondisikan peserta apel.

    - Advertisement -

    Namun, puluhan peserta apel yang terdiri dari dosen dan karyawan ini pun tak kuasa menahan senyum. Dalam upacara tersebut Yusro Edy Nugroho, Ketua Jurusan FBS Unnes, sebagai pembina upacara memakai beskap dan blangkon khas Yogyakarta. Sementara Amang Kokok Prabowo sebebagai pemimpin upacara memakai baju lurik dan ikat kepala bermotif batik.

    Apel rutin ini sendiri sengaja menggunakan bahasa Jawa untuk memeringati Hari Bahasa Ibu Internasional yang sedianya diperingati saban 21 Februari. Dimana UNESCO menetapkan tanggal sejak 1999 lalu.

    Dalam kesempatan itu, Yusro kembali mengajak segenap civitas academica Unnes untuk menggunakan bahasa Jawa setidaknya setiap Kamis. Hal itu sesuai dengan visi Universitas Konservasi yang menggalakkan kearifan lokal.

    “Basa Jawi menika sanes basa internasional. Mila, menawi boten kita ingkang ngginakaken, sinten malih? )bahasa Jawa itu bukan bahasa internasional. Maka, kalau bukan kita yang menggunakannya, siapa lagi?”) ujarnya.

    Dalam hal ini, menurut Yusro, peran nyata FBS sangat penting dalam menggalakkan pemakaian bahasa Jawa di Unnes. Hal itu karena FBS telah mendeklarasikan diri sebagai pengawal konservasi yang hendak memberikan keteladanan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here