More

    Mahasiswa Unnes Menari Tiada Henti Selama 12 Jam

    Ahmad Fauzan Sazli

    Para penari mena. Dok Unnes
    Rektor Unnes berpidato di depan para penari. Dok Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Mahasiswa Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes) merayakan Hari Tari Sedunia di kampus Unnes Sekaran, Semarang, (29/04/2014). Para mahasiswa ini akan menari selama 12 jam tanpa henti.

    Prof Dr Fathur Rokhman Mhum, Rektor Unnes membuka peringatan Hari Tari Sedunia, di Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) kampus Sekaran. Pembukaan acara ini ditandai dengan pengalungan selendang kepada delapan penari yang akan terus bergerak selama 12 jam tanpa henti.

    - Advertisement -

    Para penari  mulai menari sejak pukul 06.00 WIB.  Mereka terdiri atas dosen, mahasiswa, dan alumni Jurusan Seni Dramat Tari dan Musik (Sendratasik) FBS Unnes yang telah mulai menari sejak pukul 06.00.

    Joko Wiyoso Mhum, Ketua Jurusan Sendratasik mengatakan, selain delapan penari yang menari 12 jam hingga pukul 18.00 nanti, peringatan Hari Tari Sedunia di Unnes juga dimeriahkan oleh beberapa kelompok penari yang menyajikan tarian secara bergantian. Dari luar FBS, Fakultas Ilmu Sosial, Hima Akuntansi, BEM Fakultas Hukum, Hima Manajemen, dan Fakultas Ilmu Pendidikan juga meramaikan acara.

    Selain itu mahasiswa, kegiatan ini juga diikuti PG-PAUD, TK Ummul Qurra, SMP IT PAPB Semarang, SMA 16 Semarang, SMK Texmaco, Sanggar Galuh Rembang, Sanggar Setyo Langen Budaya Wonosobo, Komunitas Barongan Blora, Sanggar Among Roso Banyumanik, Sanggar Kedaton Semarang, dan Sanggar Yasa Budaya Semarang.

    Sementara itu, Prof Dr Fathur mengatakan, konsep dasar menari yakni gerak, harus menjadi semangat tiap civitas academica Unnes. Rektor mengajak  agar jangan pernah berhenti bergerak untuk terus berkontribusi pada peradaban dunia.

    Acara yang baru kali pertama diselenggarakan di kampus Sekaran ini, lanjut Prof Fathur, mengajak siapa pun untuk memaknai keteguhan. “Di dalam tari ada makna keteguhan dan konsistensi yang harus diapresiasi,” ujarnya.

    Setelah pembukaan, tari akan disuguhkan secara estafet mengelilingi kampus Sekaran, beberapa tarian akan dikolaborasikan dengan iringan yang dibawakan secara live.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here