More

    Unnes Luncurkan Kebun Wisata Pendidikan di Kampus

    Aktivitas di Oemah Kebun  Unnes. Dok. Unnes
    Aktivitas di Oemah Kebun Unnes. Dok. Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Negeri Semarang (Unnes) meluncurkan Bioeduwisata dan Outbound “Omah Keboen” di belakang Auditorium Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, Selasa lalu, (22/09/2015). Kebun wisata pendidikan yang diinisiasi Jurusan Biologi Unnes tersebut dibuka langsung oleh Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Rektor Unnes.

    Dr Margareta Rahayuningsih, Dosen Fmipa Unnes mengatakan, ada lima jenis layanan pada “Omah Keboen” yakni jelajah alam sekitar (JAS), Rumah Sains (Rusa), Penangkaran Kuku kupu (Nangkupu), Pelatihan Tulang Daun (Ketan), dan outbond. Selain itu ada juga fasilitas kebun bibit, rumah anggrek, zona angka dan warna, tanaman obat, tanaman langka, outbond, dan camping ground.

    “Di Omah Keboen peserta bisa menikmati aktivitas yang dikemas dalam atraksi wisata yang memanfaatkan lingkungan sekitar. Sehingga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan seperti belajar, bermain dan menjelajah alam sekitar,” katanya.

    - Advertisement -

    Selanjutnya, Prof  Fathur, Rektor Unnes mengatakan, Omah Keboen ini sangat lelevan dengan visi Unnes sebagai universitas konservasi. Sebab salah satu kekayaan dari konservasi yakni melindungi, melestarikan, mengkaji, dan memanfaatkan kekayaan flora dan fauna kita yang ada di Indonesia.

    Namun, kata Prof Fathur, kekayaan tersebut menjadi sebuah tantangan bagi kita, sebab banyak flora dan fauna yang sesungguhnya menjadi kekhasan di nusantara tapi ekplorasi keilmuannya oleh orang barat. Kemudian menjadi penguatan bagi keilmuan-keilmuan orang barat.

    “Itu merupakan sebuah keunggulan kita.  Semakin bangak bidang keilmuan yang mengkaji secara spesifik flora dan faona kita justru akan meneguhkan kekayaan flora dan faona Indonesia dalam tradisi keilmuan,” jelas Prof Fathur.[]

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here