More

    Rektor Tel-U : Sarjana Harus Siap Hadapi Perubahan Teknologi

    Rektor Telkom University memberikan ucapan selamat kepada lulusan Tel-U, periode 2016.[]
    Rektor Telkom University memberikan ucapan selamat kepada lulusan Tel-U, periode 2016.[]
    BANDUNG, KabarKampus – Prof Ir Mochamad Ashari, M Eng, PhD, Rektor Telkom University mengingatkan para wisudawan untuk senantiasa siap menghadapi perubahan di tengah era digitalisasi. Ia mengatakan, dari banyak kisah perusahaan yang tumbang tersebut adalah karena mereka tidak siap melakukan perubahan dalam bidang teknologi.

    “Kita mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya bagaimana perusahaan-perusahaan raksasa bertumbangan. Bak gelombang tsunami, perkembangan teknologi menyapu habis para pemain yang tidak siap melakukan perubahan,” ujar Rektor di depan ribuan wisudawan Magister, Sarjana, dan Ahli Madya di Tel-U Convention Hall, Sabtu (13/08/2016).

    Diantaranya kata Rektor, adalah perusahaan transportasi terancam eksistensi bisnisnya akibat munculnya aplikasi aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi. Selain itu terjadi juga pada sebagian besar perusahaan media massa.

    - Advertisement -

    “Saat ini mereka segera beralih atau melengkapi dengan media dalam jaringan (online) setelah melihat kolega mereka terpuruk dihantam datangnya media sosial yang menawarkan kecepatan, kemudahan aksesibilitas, dan sebaran content yang sangat luas ke tangan pemilik akun digital,” katanya.

    Seiring dengan itu, masyarakat pun tak mengira bagaimana dahsyatnya dampak sosial dan ekonomi yang kemudian muncul sebagai akibat dari perkembangan itu. Namun satu hal yang penting untuk dicatat adalah bahwa perkembangan teknologi telah mengubah wajah dunia begitu cepat.

    “Pilihannya adalah kita ikut berubah atau memutuskan untuk tergerus oleh tsunami perubahan itu,” katanya.

    Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengingatkan, selepas kuliah dari Tel-U, para wisudawan harus terus menyiapkan diri menghadapi kemajuan teknologi. Karena konsekuensi yang muncul dari pesatnya perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, adalah perubahan yang begitu drastis dan akan sangat mencengangkan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here