More

    Reuben dan Film Transgender

    Ahmad Fauzan Sazli

    Reuben Elishama Hadju. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    Kisah cinta Reuben dan Miea berjalan mulus dan romantis. Namun di tengah perjalanan Reuben akhirnya harus menerima kenyataan bahwa kekasihnya Miea adalah mantan laki-laki. Namun Reuben tetap menerimanya. Oh dunia percintaan.

    Itulah sekelumit kisah dalam film berjudul “Kotak Coklat” besutan sutradara Sim F yang diputar di Pusat Perfilm Haji Usmar Ismail (09/04) Jakarta. “Kotak Coklat” merupakan salah satu dari film kompilasi “Sanubari Jakarta” dengan produser Lola Amaria.

    - Advertisement -

    Tapi Reuben Elishama Hadju, sang pemeran utama pria, hanya geleng-geleng kepala dan tertawa ketika ditanya apakah mau menerima seorang kekasih jika ia seorang mantan laki-laki.

    Sejauh kisah cintanya, Reuben belum pernah mencintai seorang mantan laki-laki. Tetapi pria kelahiran Jakarta, 18 September 1978 ini mengakui peran tersebut sangat menantang.

    “Untung saja dia itu perempuan beneran,” kata Reuben sambil tertawa. Tokoh utama perempuan itu diperankan oleh Miea Kusuma.

    Bila film yang mengangkat isu lesbian, gay, dan transgender ini bisa mengubah persepsi masyarakat itu adalah hal yang bagus. Setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Reuben tidak mengatakan hal itu baik atau buruk.

    “Tapi tidak ada salahnyakan film ini memberitahu?”

    Soal isu transgender yang diangkat di film pendek Sanubari Jakarta ini, menurut Reuben, diharapkan tidak membuat orang berpikir pendek. Karena hal seperti itu ada di segala lini, seperti politik, dunia musik, dan sebagainya.

    Reuben menyadari bahwa film soal gay, lesbian, dan transgender penuh dengan kontroversi karena Indonesia masih mempertahankan budaya timur. Tapi selama ini orang yang dianggap berbeda tersebut tidak pernah mengganggu.

    Putra dari artis senior Marini Soerjosoemarno dan Didi Hadju ini adalah aktor dan vokalis grup band Alastair. Band Alastair adalah band baru yang akan dirilis pada bulan Agustus atau setelah bulan puasa. Sebelumnya Reuben tergabung sebagai vokalis band Chanel dan band tersebut telah merilis satu album pada tahun 2003.

    Reuben turut membintangi sejumlah film, seperti Arisan! (2003). Ia juga bermain dalam film “Berbagi Suami.” Lewat film ini pula, Reuben mendapat nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2006. Ia kemudian bermain dalam film “Kangen” (2007) sebagai pemeran utama bersama Bunga Citra Lestari.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here