More

    Hardiknas : Bangkitnya Generasi Emas Indonesia

    Frino Bariarcianur

    Muhammad Nuh FOTO : Media Indonesia

    JAKARTA, KabarKampus—Tema Hari Pendidikan Nasional ala Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yakni “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”.

    Menurut Mendikbud Mohammad Nuh, tema ini diangkat untuk menyiapkan generasi emas sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Indonesia pada 2045 nanti. Tahun ini dianggap sebagai masa ‘menanam’ generasi emas tersebut. Untuk itu Kemendikbud tengah menyiapkan grand design pendidikan.

    - Advertisement -

    Titik fokusnya antara lain pendidikan anak usia dini digencarkan dengan gerakan PAUDisasi. Pembangunan dan rehabilitasi sekolah dan ruang kelas baru dilakukan secara besar-besaran, serta intervensi khusus untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) siswa SMA. Peningkatan APK perguruan tinggi juga dilakukan dengan meningkatan akses, memastikan keterjangkauan, dan memastikan ketersediaan.

    Nuh berharap pada tahun 2020, minimal pekerja Indonesia lulusan SMA.

    Puncak Hardiknas tahun ini akan digabung dengan Hari Kebangkitan Nasional seperti tahun lalu. Tanggal pelaksanaannya belum pasti, antara 21-22 Mei atau 4-6 Juni bertempat di Istora Senayan Jakarta. Rencananya akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    Kaka siap jadi generasi emas Indonesia? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here