More

    Mapala Arga Dahana Tanam Mangrove

    Mapala Arga Dahana tanam mangrove di Pulau Panjang. Dok. UMK

    JEPARA, KabarKampus – Sebanyak 29 anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arga Dahana, Universitas Muria Kudus (UMK) menanam mangrove di Pantai Pulau Panjang, Jepara, Minggu (10/12/2017). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh 28 November kemarin.

    Qodri, Ketua Mapala Arga Dahana mengatakan, penanaman mangrove ini adalah ketiga kalinya dilakukan. Kawasan pantai Pulau Panjang dipilih sebagai lokasi penanaman, karena tingkat abrasinya sangat tinggi.

    ”Penanaman ini merupakan bentuk kepedulian aktivis Mapala Arga Dahana UMK terhadap kelestarian mangrove,” ungkapnya.

    - Advertisement -

    M. Nur Islahhudin Farid, ketua panitia kegiatan menjelaskan, kegiatan yang mereka lakukan, mendapat support dari para aktivis Wapalhi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Kabupaten Jepara. Inilah wujud kecil partisipasi Mapala dalam peran sertanya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya hutan mangrove.

    Selain itu tambah M. Nur, penanaman mangrove di kawasan Pantai Pulau Panjang Jepara sangat penting dilakukan. Kondisi bibir pantainya sangat rentan terjadi abrasi. ‘

    “Jenis mangrove yang kami tanam dalam kegiatan ini, yaitu rizopora. Karena akarnya yang banyak, sehingga cukup kuat untuk menahan air laut dan mengikat pasir laut yang berlumpur,” jelasnya.

    Kegiatan penanaman pohon ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan lokasi penanaman yang berbeda-beda. Sebelumnya penanaman Mangrove ini digelar di Rembang dan Pati.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here