More

    Bintang Kejora di Jalan Merdeka Bandung

    - Advertisement -

    BANDUNG, KabarKampus – Mahasiswa Papua di Kota Bandung kembali menggelar aksi solidaritas terhadap tindakan diskriminatif terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya. Aksi ini digelar di kawasan pertokoan Bandung Indah Plaza, di jalan Merdeka Bandung, Selasa, (27/08/2019).

    Dalam  aksi ini mereka menggunakan simbol-simbol bendera bintang kejora yang dianggap sebagai bendera Papua, yakni sebuah pita vertikal merah di sepanjang sisi tiang, dengan bintang putih berujung lima di tengahnya. Simbol bintang kejora tersebut digambar di kaos, tubuh, wajah sebagian besar mahasiswa dan juga dalam bentuk bendera.

    Pada awalnya para mahasiswa hendak menggelar aksi di depan Kantor Kodam III Siliwangi di Jalan Aceh. Namun saat melewati jalan Merdeka  mereka dihadang polisi.

    Kemudian mahasiswa pun menggelar aksi di tengah jalan Merdeka. Para mahasiswa menari-nari, berorasi mengecam tindakan disriminatif terhadap mahasiswa Papua.

    Setelah sekitar dua jam berada di simpang Jalan Merdeka mahasiswa tak juga diperbolehkan menggelar aksi di Kodam III Siliwangi yang berjarak 500 meter dari lokasi aksi. Mahasiswa kemudian melanjutkan aksi dengan longmarch menuju ke jalan Asia Afrika Bandung.

    Sepanjang longmarch, para mahasiswa Papua memenuhi seluruh jalan tanpa ada mobil yang melintas. Mereka berjalan mulai dari Jalan Merdeka hingga Jalan Asia Afrika. Aksi yang dimulai pukul 11.00 WIB ini berakhir pukul 16.00 WIB berlangsung damai dan dalam penjagaan ketat aparat keamanan.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here