More

    Alumni Pertukaran Pelajar Amerika Gelar Pelatihan Ecopreneuship di Cibodas

    Ahmad Fauzan Sazli

    Para peserta
    Para peserta Youth Ecopreneurship. 

    JAKARTA, KabarKampus – Sekitar tiga puluh pemuda alumni Study of The United States Institute (SUSI), sebuah program pertukaran pelajar pemuda Indonesia ke Amerika Serikat, mengadakan Youth EcoPreneurship Camp (YEP Camp).  Pelatihan kewirausahaan ramah lingkungan ini berlangsung pada tanggal 3 – 4 Mei 2014 di Cibodas, Jawa Barat.

    Selama dua hari, para pemuda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tersebut berkumpul dan belajar tentang strategi bisnis bernuansa lokal serta berwawasan lingkungan hidup.

    - Advertisement -

    Olivia D. Purba, Ketua Pelaksana YEP Camp, mengatakan, Indonesia memiliki jumlah pemuda yang sangat tinggi, dan kebutuhan akan lapangan pekerjaan terus meningkat. YEP Camp akan berusaha untuk memfasilitasi para pemuda dengan inisiatif usaha berbasis lingkungan untuk bisa semakin berkembang.

    “Komitmen kami untuk terus meningkatkan kapasitas dan pengetahuan anak muda, tercermin dalam pelaksanaan YEP Camp dan program mentoring yang akan kami lakukan setelah pelaksanaan kegiatan ini,” tutur Olivia.

    Olivia berharap, Young Ecopreneur ini bisa menghasilkan lebih banyak pemuda yang peduli terhadap dengan isu lingkungan.

    Sementara itu,  Gracia Paramitha, Wakil Ketua Pelaksana sekaligus UNEP Tunza Ambassador Asia Pasifik, menuturkan harapannya agar Indonesia memiliki lebih banyak wirausahawan yang memiliki pengetahuan dan berdedikasi di isu lingkungan.

    “Sebagai negara dengan populasi keempat terbesar di dunia, Indonesia memiliki volume sampah yang cukup besar dan memiliki dampak yang serius terhadap lingkungan,” katanya.

    Ia menjelaskan,  berbagai kemasan produk yang tidak terpakai, masih bisa digunakan lagi atau dijadikan produk baru dengan nilai yang cukup berharga. Semakin banyak pemuda yang bisa memaksimalkan limbah kemasan produk, semakin banyak pula sampah yang menghasilkan berkah dan berdampak bagi pembangunan yang berkelanjutan.

    Selain itu, menurutnya, tingginya jumlah lulusan perguruan tinggi dan peningkatan permasalahan yang timbul karena lingkungan yang tidak dirawat merupakan isu yang harus ditanggulangi dengan baik. Melalui YEP Camp, diharapkan akan lebih banyak anak muda yang peduli pada isu lingkungan dan melakukan serangkaian aksi strategis untuk menciptakan bumi yang lebih baik.

    Study of The United States Institutes for Student Leaders (SUSI) sendiri merupakan sebuah pertukaran pemuda dari Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya ke Amerika Serikat yang berlangsung selama 5 minggu. Para pemuda terpilih yang mengikuti program ini, akan berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar tentang isu yang mereka pilih secara intensif dari Universitas terkait.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here