More

    Konferensi Mahasiswa Asia Afrika Siap Digelar

    Sahabat Museum KAA siap gelar Konferensi Mahasiswa Asia Afrika di Bandung. Sumber Foto. AACC2015.id
    Sahabat Museum KAA siap gelar Konferensi Mahasiswa Asia Afrika di Bandung. Sumber Foto. AACC2015.id

    BANDUNG, KabarKampus – Sahabat Museum KAA (SMKAA) akan mengadakan Konferensi Mahasiswa Asia Afrika (KMAA 2015). Konferensi ini merupakan kerjasama SMKAA dengan Young African Ambassadors in Asia (YAAA), dan Junior Chamber International (JCI) Bandung.

    KMAA akan dihadiri 270 mahasiswa dan siswa. Mereka berasal 28 negara Afrika dan 21 negara Asia. Para delegasi mahasiswa itu akan bersidang di Museum KAA – Gedung Merdeka selama dua hari, yakni 30 April hingga 01 Mei 2015.

    “Setahun pasca KAA 1955, KMAA pertama kali digelar di Kota Bandung pada 1956. Tahun ini, untuk kedua kalinya KMAA digelar di Kota Bandung,” kata Thomas A Siregar, Kepala Museum KAA dalam konferensi pers KMAA, di Ruang Media Center Peringatan 60 Tahun KAA Museum KAA, Bandung, Sabtu, (18/04/2015).

    - Advertisement -

    Menurut Thomas, topik kepemimpinan global menjadi agenda utama KMAA 2015. Topik itu dikemas dalam tema besar Reinvigorating The Bandung Spirit: Working Towards A New Asian-African Youth Global Leadership.

    Ia menuturkan, di era globalisme saat ini, topik kepemimpinan global perlu terus diperkuat, khususnya bagi generasi muda Asia Afrika. Karena, pasca era bipolarisme Perang Dingin, dunia semakin tergantung satu dengan yang lain. Interdependensi, interkoneksi, dan integrasi menjadi ciri dunia global sekarang ini. Dalam konteks itu, kekuatan kerja sama yang mampu melahirkan solusi bersama tidak melulu berada di tataran antar negara, tapi juga antar kawasan, dan bahkan antar warga negara.

    “Isu kerjasama antar negara dan kawasan akan dibahas pada KAA 2015. Sedangkan isu kerjasama antar warga negara menjadi fokus pembahasan enam komite KMAA 2015. Setiap komite memiliki sub tema yang berkelindan satu sama lain,” imbuh Thomas.

    Adapun kata Thomas, hingga awal April 2015 kemarin,mereka telah menerima 210 esai dari para delegasi mahasiswa. Esai-esai itu ditulis berdasarkan pilihan sub tema komite. Selanjutnya, ketua Komite Persiapan KMAA 2015 akan memvalidasi, dan kemudian mengkompilasi serta mendistribusikan seluruh esai sebagai bahan pembahasan persidangan kepada para delegasi mahasiswa. Calon delegasi mahasiswa yang tidak men-submit esai akan otomatis batal kepesertaannya dalam KMAA 2015.

    Hasil rekomendasi enam komite itu nantinya akan dirumuskan sebagai Komunike Akhir KMAA 2015 di pengujung konferensi. Selain itu, turut pula diluncurkan Forum Studi Asia Afrika (Asian-African Studies Forum / FSAA), Komunitas Mahasiswa Asia di Indonesia (Asian Students Community in Indonesia / ASCI), dan portal Sekretariat Virtual Forum Mahasiswa Asia Afrika (Asian-African Students Forum / AASF). []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here