More

    Menteri Pendidikan Punya Dua Wakil

    Asep Saefullah

    JAKARTA, KabarKampus- Seiring dengan rencana reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid dua, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat beberapa Wakil Menteri. Salah satu Wakil Menteri yang akan bertugas di Kementerian Pendidikan adalah Guru Besar Teknik Arsitektur Perencanaan Pariwisata Universitas Gadjah (UGM) Mada Wiendu Nuryanti. Dia akan menjabat sebagai sebagai Wakil Menteri Pendidikan bidang Kebudayaan.

    Usai menemui SBY di Cikeas, Wiendu Nuryanti mengatakan bahwa ada tiga hal penting yang diamanahkan Presiden SBY kepada dirinya dalam rangka membangun kebudayaan.

    - Advertisement -

    “Pertama, kebudayaan perlu mendapat ruang yang sentral sebagai pilar penentu pembangunan bangsa. Kedua, kebudayaan dalam arti luas di Indonesia memerlukan perumusan kebijakan yang nantinya akan diikuti program secara menyeluruh,” katanya.

    Sedangkan yang ketiga, lanjut Wiendu, adalah bagaimana fungsi Wakil Menteri bidang Kebudayaan akan bekerja sama dengan Wakil Menteri bidang Pendidikan membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk merumuskan pendidikan dan kebudayaan sebagai pilar pembangunan Indonesia ke depan. “Hal ini, bisa menjadi faktor akselerasi penting sebagai kedewasaan rakyat,” imbuhnya.

    Sebelumnya, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh telah didampingi seorang wakil, Fasli Jalal. Menurut Nuh, tambahan wakil menteri ini menyusul bertambahnya tugas setelah kementerian tersebut berganti nama menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dua wakil menteri itu masing-masing akan berbagi tugas dalam membidangi pendidikan dan kebudayaan.

    “Salah satunya untuk mengintegrasikan antara sains dengan kultur, dan pembangunan bangsa,” kata Nuh. [Sumber : Kompas/VivaNews]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here