More

    Sepeda Tenaga Surya ITS Jajal Pantura Jawa

    Asep Saefullah


    SURABAYA, KabarKampus-
    Hasil penelitian dari kampus merupakan inovasi yang menunjukan peran kampus dalam pembangunan. Untuk menguji hasil risetnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan menjajal sepeda roda tiga tenaga surya ciptaannya. Sepeda yang dijuluki Tricycle Surya ITS ini, akan menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya yang jaraknya sekira 900 km selama sembilan hari.

    Supervisor Tricycle Surya, Muhammad Nur Yuniarto  mengatakan bahwa Tricycle Surya merupakan hasil riset dan bentuk komitmen ITS untuk menjadi eco campus. “Sepeda roda tiga ini menggunakan tiga sumber energi dalam pengoperasiannya, yaitu energi tubuh manusia lewat kayuhan pedal, energi listrik dalam bentuk baterai penyimpan energi, dan energi surya untuk mengisi ulang baterai,” katanya.

    - Advertisement -

    Sepeda ini menggunakan motor DC 150 watt selain pemindah tenaga manual seperti yang terdapat pada sepeda lain umumnya. “Dengan tiga sumber energi itu, tricycle dapat digunakan untuk bertransportasi dengan jarak yang jauh tanpa mengalami kelelahan. Jarak tempuhnya hampir sama dengan sepeda motor pada umumnya,” imbuh Muhammad.

    Kalau terbukti praktis dari sisi penggunaan dan dapat diterima oleh masyarakat, lanjutnya, akan dijadikan tonggak bagi ITS dalam membuat produk yang hemat energi dan ramah lingkungan.

    Ajang uji coba sepeda Tricycle Surya ITS ini bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ITS ke-51 tahun. Dalam Dies natalis tahun ini, ITS menggelar Green ITS Eco Campus Tour De Java 2011, dengan rute Jakarta-Surabaya pada 22-30 Oktober 2011. Kegiatan bersepeda itu diikuti oleh sekitar 30 orang alumni, dosen, dan karyawan ITS yang sudah berusia lanjut.

    Nggowes bareng akan dimulai pada tanggal 22 Oktober 2011 pukul 07.00 dari Monas Jakarta, dilepas oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), M Nuh; Ketua PP Ikatan Almuni (Ika) ITS, serta Rektor ITS yang juga akan ikut nggowes di Etape 1 (Jakarta-Karawang, 84 km).

    Berbagai kota yang akan dilewati mulai dari Jakarta, Karawang, Pamanukan, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati, Rembang, Tuban, Gresik, dan berakhir di Kampus ITS Sukolilo pada 30 Oktober 2011.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here