More

    Ayo ke European Higher Education Fair 2011

    Ahmad Fauzan

    ILUSTRASI : campusfrance.org

    JAKARTA,KabarKampus- Lebih dari 90 Universitas dari sembilan negara Eropa berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Tinggi Eropa atau European Higher Education Fair (EHEF) 2011 yang dibuka hari ini di Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta (12/11).

    Pameran dibuka oleh Prof. Dr. Supriadi Rustad dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Julian Wilson, Duta besar/Kepala delegasi Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan Asean, dan Bapak Grzegory Wisniewki, Duta Besar Polandia.

    - Advertisement -

    Menurut Duta Besar UE, Julian Wilson, UE dan negara anggotanya berkomitmen untuk memberikan akses bagi siswa dan para profesional di Indonesia yang ingin melanjutkan peluang studi terbaik yang ada di seluruh wilayah Eropa.

    “Apapun pilihan studi Anda, ilmiah atau teknis, seni, bisnis atau ekonomi, Anda dapat memilih berbagai macam program yang ditawarkan universitas universitas di Eropa yang selalu mengaitkan pendidikan dan pelatihan dengan bisnis, industri dan pengalaman magang,” tuturnya

    Julian menambahkan, UE memberikan 50 milyar Euro, untuk research dan development dunia pendidikan di sana. Menurutnya dunia pendidikan di Eropa lebih kepada sosial daripada mencari keuntungan ekonomi, namun pihak universitas disana memang memiliki standar yang tingi, ia menghormati itu.

    Julian  mengungkapkan, ada 3000 mahasiswa Indonesia berangkat ke Eropa per tahun. Dari 3000 mahasiswa, 1000-nya adalah  beasiswa.

    Profesor Dr. Supriadi Rustad dari kementerian pendidikan dan kebudayaan  mengatakan,  Eropa menjadi perguruan tinggi  terfavorit pelajar Indonesia.  Menurutnya pelajar Indonesia terbanyak ada di England dan kedua ada di Jerman.

    “Krisis keuangan di Eropa tidak berpengaruh kepada pendidikan tinggi disana,” ungkap Supriadi yang anaknya bersekolah di Jerman.

    EHEF 2011 diselenggarakan oleh UE bekerjasama dengan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan didukung oleh British Council (Inggris), CampusFrance (Perancis), DAAD (Jerman) dan Nuffic Neso (Belanda). EHEF 2011 adalah pameran pendidikan Eropa ketiga yang diselenggarakan. Sebelumnya pada tahun 2008 dan tahun 2010.[]

    EHEF 2011 Jakarta dibuka pada hari sabtu 12 November 2011 dan Minggu 13 November 2011  pukul 10.00-18.00 dan bebas biaya masuk.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here