More

    LIPI Bikin Mobil Hybrid

    Ahmda Fauzan

     

    Mobil Hybrid LIPI menggunakan listrik dan bensin sebagai bahan bakar. Lebih ramah lingkungan hanya harganya mahal. FOTO : AHMAD FAUZAN

    JAKARTA,KabarKampus—Ada gebrakan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pada LIPI Expo yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (7/11). LIPI memamerkan mobil bertenaga Hybrid, yakni memadukan energi penggerak  listrik dengan motor bakar alias bensin. Mobil ini menawarkan bahan bakar alternatif selain bensin.

    - Advertisement -

    Mobil  berbentuk sedan kecil ini, sama seperti mobil biasa, yang membedakan hanya pada konstruksi dan  mekanisasi mobil. Penggerak utama mobil  adalah motor listrik yang disimpan di dalam baterai. Sementara energi cadangannya  adalah bensin.

    Motor bakar atau bensin tersebut digunakan bila motor listrik sudah habis atau lemah. Ketika listrik dalam baterai sudah penuh secara otomatis aliran listrik akan menghentikan bensin. Misalkan ketika mobil menempuh jalur yang menanjak, maka secara otomatis bensin menggantikan peran listrik dalam menjalankan mobil.

    Mobil Hybrid dapat meluncur dengan kecepatan 80 km/jam selama 6 jam tanpa melakukan pengisian ulang listrik.

    Seperti sebuah HP, mobil yang dikembangkan sejak 2005 dilengkapi charging point yakni pengisian listrik untuk  standaraisasi mobil bertenaga listrik. Dengan batterai lithium 72 V/200 Ah, pengisian listrik penuh  memerlukan waktu 1,5 jam.

    Menurut Sunarto Kaleg, perancang sistem teknologi kendaraan hybrid di LIPI,  LIPI menginginkan teknologi 100 persen buatan Indonesia yang hemat energi.  LIPI sedang bersemangat bisa menciptakan kendaraaan yang ramah lingkungan dan hemat energi buatan sendiri.

    Mobil prototype ini kedepannnya akan didesign lebih bagus lagi. Sunarto mengharapakan ada investor yang mau memproduksi mobil ini dalam jumlah banyak, menjadi mobil nasional.

    Berikut Spesifikasi mobil hybrid LIPI :

    Motor Type                        : 3-Phase Induction Motor

    Nominal Voltage              : 72 VAC

    Peak Power                        : 43 HP

    Max Speed                         : 7.500 Rpm

    Peak Torque                      : 129 Nm

    Controller                            : 72V/550VA

    Battery Pack                       : SLA-Deep Cycle 72V/220Ah @6V/220Ah

    Charger                                : 72V/25A

    Engine                                  : 160 cc/Gasoline

    Generator                           : I-Phase AC 2.2kVA

    Performance                     : 80 Km/h

     

    Dengan spesifikasi di atas diperkirakan harga mokbil bisa lebih dari 500 juta.

    “Kekurangan mobil hasil karya LIPI ini hanya satu, harganya mahal. Namun manfaatnya  jauh  lebih banyak,” sang pencipta mobil.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here