More

    Unpad Modifikasi Permainan Catur

    Adima

    Universitas Padjadjaran punya cara baru dalam memainkan catur. Namanya U-Camaintian yang dimainkan dengan 3 orang pemain. FOTO : ADIMA

    BANDUNG,KabarKampus—Seperti kita ketahui, permainan catur lazimnya dimainkan oleh dua orang yang saling berhadapan. Universitas Padjadjaran punya cara baru dalam memainkan catur.

    Permainan catur jenis baru ini dinamakan U-Camaintian. Sekilas memang mirip nama orang dari etnis Tionghoa. Tapi itu hanyalah singkatan dari Universitas Padjadjaran Catur Main Bertiga Bergantian yang digelar di  Grha Sanusi Hardjadinata, kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Sabtu (19/11).

    - Advertisement -

    Sesuai namanya, permainan catur ini dimainkan oleh tiga orang dari satu tim. Dalam setiap papan catur berhadapan dua tim. Cara mainnya, satu orang dari setiap tim saling berhadapan. Begitu selesai memindahkan bidak catur, dia harus segera duduk.

    Dia digantikan oleh satu dari dua anggota timnya yang sudah menunggu di kursi membelakangi papan catur.

    Ide permainan catur ini sebenarnya lahir dari para mahasiswa. Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengatakan, sebelum dibuka untuk umum, permainan catur ini sudah diujicobakan di kalangan internal Unpad setahun silam. “Antusiasmenya luar biasa, sehingga sekarang dibuka untuk umum,” kata dia.

    Meski tidak dipublikasikan secara besar-besaran, perlombaan bermain catur bertiga bergantian ini ternyata menarik perhatian peminat catur. Panitia akhirnya membatasi jumlah peserta hingga 60 tim saja. “Permainan ini baru pertama kalinya ada di dunia. Kalau berhasil kita mau coba ke tingkat nasional malah sampai internasional,” ujar Ganjar kepada siKaKa (panggilan akrab Kabar Kampus).

    Sistem penilaian dalam permainan catur ini tidak berbeda dengan sistem yang digunakan oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia. Namun, panitia harus mempersiapkan lebih banyak pengawas dalam pertandingan kali ini. “Biasa itu kalau ada 200 peserta, pengawasnya cukup tiga sampai empat orang saja. Dalam permainan bertiga ini, satu meja diawasi satu pengawas agar para peserta tidak bisa mengobrol satu dengan lainnya,” kata pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia Jawa Barat sekaligus wasit ketua, Darwis S.Pulungan.

    Secara filosofis, kata Ganjar, setiap tim diuji kekompakan dan kecakapannya dalam memainkan bidak catur secara bergantian.

    Ketiga orang yang berteman itu akan saling berhadapan dengan tim lain. Tujuan kedua tim adalah saling mengalahkan. Tapi dengan gaya yang berbeda-beda maka perkembangan di meja catur akan berbeda.

    “Dari pengalaman kami malah ada sesama kawan yang berselisih. Karena waktu dia main menterinya masih ada, tapi begitu duduk dan main kembali, menterinya sudah hilang,” ujar Ganjar sembari tersenyum.[]

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    1. saya dapat tugas nih buat makalah tentang permainan catur yang dimodifikasi.,, saya ingin membuat makalah tentang permainan ini.,, saya boleh kan mengambil artikel ini.?? terima kasih

    2. Wah,ini diadakannya d UNPAD 2011 ya? koq IT Telkom gak dapet kabar ya? Wah, ini salah satu cara bermain catur yg udah ane terapkan ke anak2 PCM IT Telkom pas thun 2008. waktu itu se hanya untuk Upgrading aja. Wah, tidak disangka2 klo hal itu bisa d jadikan lomba beneran. skrg apakah lomba itu masih ada ya kedepannya?? Klo ada, tolong kabar2in ya. Trims.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here