More

    UPI Bandung Kukuhkan 6 Guru Besar

    Frino Bariarcianur

    Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mengukuhkan enam guru besar di Balai Pertemuan Umum UPI jalan Setiabudhi No. 229 Bandung, Selasa-Rabu (15-16/11).FOTO : HUMAS UPI BANDUNG

    BANDUNG,KabarKampus—Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mengukuhkan enam guru besar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam (FMIPA) di Balai Pertemuan Umum UPI jalan Setiabudhi No. 229 Bandung, Selasa-Rabu (15-16/11).

    Acara pengukuhan guru besar dipimpin oleh Rektor Upi, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata berlangsung khidmat.

    - Advertisement -

    “Pengukuhan guru besar ini diharapkan menambah kekuatan serta membentuk karakter dalam mewujudkan UPI sebagai University World Class,” kata Rektor Upi.

    Prof. Sunaryo berharap para guru besar dapat berperan serta memberikan kontribusi dan memperkaya keilmuannya sehingga menjadi kemaslahatan bagi setiap bidang keilmuan dalam membangun bangsa khususnya dalam pendidikan.

    Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Humas UPI Bandung, keenam guru besar yang dikukuhkan ialah Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd. sebagai Guru Besar dalam Bidang Bimbingan dan Konseling yang mengangkat tema “Membangun Peradaban Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan dan Bimbingan Komprehensif yang Bermutu” dan Prof. Dr. Uman Suherman A.S., M.Pd., sebagai Guru Besar dalam Bidang Bimbingan dan Konseling menjabarkan orasi ilmiahnya mengenai “Membangun Karakter dan Budaya Bangsa Melalui Bimbingan Komprehensif Berbasis Nilai Alquran (Tinjauan Filosofis tentang Hakikat dan Peran Manusia)”.  Kedua professor tersebut berasal dari  FIP

    Sedangkan guru besar dari FPMIPA ialah; Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si. sebagai Guru Besar Tetap Bidang Pendidikan Kimia menyampaikan hasil kajiannya yang bertema “Membangun Literasi Kimia Masyarakat dan Lingkungan Melalui Riset Strategis Berorientasi Kebutuhan” ;  Prof. Dr. H. Suroso Adi Yudianto, M.Pd. sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Sosio-Biologi mengangkat tema Dimensi Pendidikan Karakter/Nilai Dalam Model Sains-Biologi Untuk Pembelajaran Manusia Sebagai Upaya Mengatasi Krisis Nilai dan Moral Bangsa.

    Prof. Dr. H. Achmad Munandar, M. Pd., sebagai Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Lingkungan menyampaikan pidato ilmiahnya mengenai “Filosofi dan Implementasi Pendidikan Lingkungan”; dan Prof. Dr. Tatang Herman, M.Ed., sebagai Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Matematika dalam Pidato ilmiahnya menyampaikan “Revitalisasi Pendidikan Matematika Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Indonesia.”

    “Mudah-mudahan para guru besar yang dikukuhkan dapat lebih berperan dalam membangun UPI,” ungkap Rektor UPI. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here