More

    Bahaya 400 Ribu Pemuda Sumut Nganggur

    Frino Bariarcianur

    Pencari Kerja. ILUSTRASI http://www.thepoliticaltoday.com

    MEDAN,KabarKampus—Bank Indonesia Regional I Sumatera Utara-Nanggro Aceh Darussalam (Sumut-NAD) menyatakan sebanyak 400 ribu pemuda Sumatera Utara tidak memiliki pekerjaan alias menganggur.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Regional I Sumut-NAD, Mikael Budi Satrio di hadapan sejumlah mahasiswa Universitas Sumatera Utara di Medan, beberapa waktu lalu (29/11).

    - Advertisement -

    Menurut Mikael, angka tersebut tergolong besar dan butuh perhatian khusus pemerintah. Untuk mengurangi angka pengangguran di Sumut, Bank Indonesia membantu pemerintah Provinsi Sumut dengan membuat program wirausaha kepada mahasiswa.

    “Kita membutuhkan para mahasiswa sebagai generasi muda yang berani memilih jalan wirausaha dan nantinya bisa mengurangi jumlah pengangguran di Sumut,” kata Mikael saat memaparkan program kewirausahaan di Bank Indonesia Medan, dalam tajuk “Studi Ekskursi Kerjasama Bank Indonesia Medan dengan Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi Cikal USU.”

    “Berwirausaha akan memberikan banyak manfaat dan dampak positif diantaranya mampu menyerap pegawai dari usaha yang dibangun. Hanya saja untuk menjadi seorang usahawan, harus berani melakukan hal-hal baru dan tidak ragu mengambil risiko,” kata Mikael.

    Lebih lanjut Mikael menerangkan bahwa seorang wirausahawan dituntut menghadirkan ide-ide cemerlang sehingga usahanya berhasil berkembang dan maju.

    Sayangnya kenyataan di lapangan menunjukkan masih sedikit mahasiswa yang fokus di wirausaha.

    Ketua Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi Cikal USU, Prof. Ritha F. Dalimunte berharap melalui ekskursi di Bank Indonesia Medan memberi pengaruh besar kepada mahasiswa untuk memulai berwirausaha.

    “Cepat atau lambat pasti pengusaha akan bersinggungan dengan bank. Tidak hanya untuk menyimpan uang saja, namun bank juga mempunyai fungsi guna memperoleh pinjaman modal demi menjadi seorang wirausaha muda,” kata Ritha .

    Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Humas USU, kegiatan ekskursi in dilakukan atas kerjasama Cikal USU, Bank Indonesia, Kadin Sumut dan Bank Sumut. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here