More

    FLP SUL-SEL Latih Ratusan Calon Penulis

    Syarif Pulebo

    Peserta pelatihan menulis yang diadakan FLP Sulawesi Selatan. FOTO : SYARIF PULEBO

    MAKASSAR, KabarKampus – Forum Lingkar Pena wilayah Sulawesi Selatan (FLP SUL-SEL) kembali melatih ratusan calon penulis baru. Pelatihan yang dilaksanakan oleh organisasi kepenulisan se-Indonesia ini berlangsung di Pucak, Maros selama tiga hari, dari tanggal 23 hingga 25 Desember 2011.

    Kegiatan yang dikemas dalam bentuk wisata menulis dengan nama Training of writing and recruitment (TOWR) sebagai ajang perekrutan sekaligus penerimaan anggota baru untuk periode tahun 2011. Pesertanya terdiri dari siswa dan mahasiswa yang berasal dari sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Makassar maupun luar Makassar.

    - Advertisement -

    Beberapa materi yang diberikan kepada peserta diantaranya yaitu seperti teknik penulisan cerpen, novel, puisi, esai, artikel, serta beberapa materi lainnya seputar dunia kepenulisan.

    Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai pemateri utama yaitu novelis sekaligus cerpenis ternama Indonesia, Pipiet Senja serta cerpenis Sul-Sel Sabil Gegge Mappangewa.

    TOWR kali ini merupakan yang kelima kalinya dilaksanakan selama terbentuknya organisasi tersebut di Sul-Sel.

    Ketua FLP Sul-Sel, Fitrawan Umar saat ditemui KabarKampus.com mengatakan,  TOWR ini dilaksanakan tiap tahunnya untuk menerima anggota baru.

    “Ini merupakan ajang tahunan FLP Sul-Sel untuk menerima anggota baru di  wilayah Sul-Sel itu sendiri” ujar alumni Fakultas Tekhnik Universitas Hasanuddin itu.

    Selain itu, kegiatan TOWR ini menyita banyak perhatian kalangan siswa dan mahasiswa. Mereka menjadikan ini sebagai langkah awal mereka buat mendalami dunia kepenulisan.

    Harianto Ranteling, salah seorang peserta dari Universitas Hasanuddin jurusan Tekhnik Perkapalan menuturkan, bahwa kegiatan ini sangat berarti baginya.

    “Bagi saya kegiatan ini sangat bagus apalagi kami diberikan teori dan pelatihan tentang cara-cara serta kaidah menulis yang baik” jelas mahasiswa asal Rantepao kabupatan Tana Toraja tersebut.

    Lain halnya dengan Jihad Muhammad seorang siswa dari sekolah MA. Baabul Khair Bulukumba mengatakan,  keikutsertaannya di TOWR yang diadakan FLP Sul-Sel karena melihat informasi di Internet.

    “Saya bersama tujuh teman saya ikut di kegiatan ini setelah saya dan teman-teman melihat informasi di internet kalau ada itu pelatihan menulis yang akan dilaksanakan FLP di Pucak, Maros, jadi saya sama teman langsung berangkat ke Makassar,” ujarnya.

    Penutupan dilaksanakan pada Minggu sore (25/12/11). Peserta baru dapat kembali ke Makassar pada malam harinya akibat terlambatnya Bus serta lokasi pelatihan yang tergolong cukup jauh dari kota Makassar.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here