More

    Mahasiswa Keperawatan UMI Bina Masyarakat Desa

    Muhammad Idris

    Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Muslim Indonesia (UMI) memberi penyuluhan sosialisasi kesehatan di kecamatan Tallo, Makassar, (14/12).

    Makasar, KabarKampus – Sebanyak 270 Mahasiswa Fakultas  Keperawatan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar sosialisasi kesehatan di kecamatan Tallo, Makassar, Rabu (14/12). Dalam sosialisasi tersebut, para mahasiswa ini melakukan pendataan permasalahan lingkungan dan pengaruhnya bagi  kesehatan  masyarakat di kelurahan Buloa dan kelurahan Tallo.

    Gafur koordinator kegiatan mengatakan, sosialisasi ini adalah bagian dari tugas kuliah yang mewajibkan mahasiswa turun ke lapangan untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.

    “Selama sosialisasi ini kami terlebih dahulu mencari data-data yang menjadi permasalahan di tengah masyarakat,  setelah itu mendiskusikankan solusi dan penangananya,”  kata Gafur .

    - Advertisement -

    Menurut Gafur dari hasil survei selama tiga hari di sana,  pencemaran lingkungan dan  kuranganya fasilitas air bersih menjadi  persoalan masyarakat di sana. Gafur juga memaparkan kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan  membuat  banyak warga  membuang kotoran   dan sampah  di sungai.  Selain itu  limbah industri dari pabrik di dekat perkampungan   menimbulkan permasalahan tersendiri.

    Para mahasiswa keperawatan ini menjadikan  wilayah  tersebut  sebagai area percontohan dan pembinaan kepada  masyarakat. Kegiatan lain yang dilaksanakan oleh mahasiswa Keperawatan UMI adalah melakukan sosialisasi ke sejumlah murid SD sebagai bentuk pembelajaran sejak dini tentang kebersihan dan kesehatan.

    Kedatangan mereka direspon dengan baik oleh masayrakat  karena dinilai sangat membantu.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here