More

    Milad ke-14, Paramadina Ikhtiar Lanjutkan Cita-cita Cak Nur

    Ahmad Fauzan

    Anies Baswedan Rektor Universitas Paramadina memberikan sambutan pada ziarah ke makam Nurcholis Madjid di Taman Makam Pahlawan Kalibata, (10/01). FOTO : AHMAD FAUZAN

    JAKARTA, KabarKampus – Dalam rangka Milad Universitas Paramadina yang ke-14, civitas akademika Universitas Paramadina berziarah ke makam Nurcholist Madjid di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Selasa, (10/01). Mereka yang terdiri dari rektor, dosen, mahasiswa, dan pegawai melakukan tabur bunga dan membacakan doa untuk pendiri Universitas Paramadina tersebut.

    Dalam pidatonya, rektor universitas Paramadina, Anies Baswedan mengatakan, Paramadina akan akan melanjutkan  ikhtiar Nurcholis Madjid dan mewujudkan cita citanya.

    - Advertisement -

    “Universitas kami masih muda, tapi Alhamdulillah sebagian dari cita-cita Cak Nur sudah mulai kami realisasikan,” kata Anies.

    Menurutnya,  Cak Nur melihat Paramadina sebagai pilar kebhinekaan, dimana muncul gagasan gagasan untuk masyarakat, dimana kehadirannya bukan hanya dilihat dari usia dan ukurannya saja, tapi pada pengaruhnya.

    “Kami mengatakan slogan kepada diri kami sendiri yaitu  small but giant,” tutur Anis.

    Anies mengungkapkan,Yusuf  Kalla menyebutkan dalam pidatonya, bahwa  hari ini lebih banyak mendengar tulisan dari dosen Paramadina daripada universitas yang besar di Indonesia.  Menurutnya cita cita Cak Nur sebagian telah mereka teruskan, dan masih banyak yang harus mereka kerjakan, namun  mereka mensyukuri perkembangan ini.

    Ke depan, Anies menginginkan kualitas mereka meningkat jauh, saat ini Paramadina adalah  satu satunya universitas di Indoensia yang menjadikan matakuliah anti korupsi sebagai mata kuliah wajib untuk seluruh mahasiswanya, mereka juga memulai program pemberian beasiswa yang mengcover biaya hidup, biaya kuliah selama empat tahun.

    “Mudah mudahan, kepioneran Paramadian memiliki efek untuk Indonesia ke depan” kata Anies.

    Universitas Paramadina didirikan pada tahun 1998, oleh Nurcholis Madjid, dengan tujuan memperkenalkan konsep alternatif perguruan tinggi, menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi riset dan kewirausahaan yang dijiwai etika ke-Islaman, menjadi pusat kebudayaan dan peradaban, dan menjadi perguruan tinggi universal yang bertaraf internasional. Dies Natalis ke 14 Universitas Paramadina kali ini mengusung tema Refleksi Universitas Paramadina Sebagai Pilar Pendidikan Indonesia.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here