More

    Asyiknya Pertukaran Mahasiswa di Perancis

    Frino Bariarcianur

    Kiri-kanan: Danu Alif Alradino, Ilham Fachriza, Editha Nurida, Dwi Sophiawati Soejitno, Ahmad Adiyat. FOTO : DADAN T-HUMAS UNPAD

    BANDUNG, KabarKampus—Jika pandai berbahasa Perancis? Khususnya mahasiswa Universitas Padjajaran bisa mengikuti pertukaran mahasiswa ke Perancis. Seru!

    Program pertukaran mahasiswa ke Perancis ini telah dirintis oleh Unpad dengan Université de La Rochelle, Perancis selama 15 tahun. Dalam program ini mahasiswa bisa bebas memilih jurusan dan mata kuliah sesuai dengan minat mahasiswa.

    - Advertisement -

    “Syarat utamanya hanya kemampuan bahasa Perancis yang ditunjukkan melalui sertifikat Bahasa Perancis,” ujar Ilham Fachriza, Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Unpad,  salah satu mahasiswa yang pernah ke Perancis pada Januari – Desember 2011 lalu.

    Menurut Ilham saat ini belum ada batasan kuota atau persyaratan khusus untuk mengikuti program tersebut. Bagi mahasiswa Unpad yang ingin mengikuti program tersebut, disarankan untuk menghubungi Kantor Kerja Sama Unpad di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Program ini bisa diikuti setiap semester.

    Danu Alif Alradino, mahasiswa Sastra Perancis Fasa Unpad angkatan 2008, yang juga peserta program pertukaran mahasiswa ke Perancis, mengatakan bahwa banyak keuntungan yang bisa didapatkan mengikuti program pertukaran mahasiswa.

    “Seluruh biaya akademik digratiskan dan juga mendapat kursus bahasa Perancis gratis,” kata Ilham seperti dilansir HUMAS UNPAD, di Ruang UPT Humas Unpad di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinango,  Kamis (09/02).

    Tahun ini ada lima mahasiswa Sastra Perancis yang mengikuti pertukaran mahasiswa. Mereka adalah Editha Nurida, Danu Alif Alradino, Restu Nurul Aeni, Ahmad Adiyat, dan Sandy Yudha, yang mengikuti program pada September 2011-Januari 2012 lalu.

    KaKa mahasiswa Unpad, tertarik kan? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here