More

    Marshanda Kritik Media dengan Membuat Media

    Ahmad Fauzan

    Marshanda. FOTO : AHMAD FAUZAN

    JAKARTA, KabarKampus – Pemain sinetron, bintang iklan, dan penyanyi Marshanda atau biasa di panggil Chacha tengah sibuk membuat projek media untuk menginspirasi masyarakat. Ia dan teman-temanya menginterview orang-orang yang mereka anggap inspiratif dan luar biasa, nama projek itu adalah Inspire Cast.

    Marshanda yang sedang menempuh kuliah di jurusan Publik Relation, Universitas Pelita Harapan  menganggap, banyak sekali berita yang disajikan lewat media massa mulai dari televisi, koran, dan internet hampir semuanya berita negatif. Walau berita itu benar adanya, namun akan lebih sehat bila masyarakat juga mendapatkan berita positif mengenai orang orang yang peduli dengan Indonesia.

    - Advertisement -

    Mahasiswa kelahiran, 10 Agustus 1989 tersebut melihat media memiliki peranan besar mengubah paradigma masyarakat mengenai Indonesia. “Berita gosip, kriminal, dan berita korupsi lebih banyak daripada berita berita yang membuat kita sadar bahwa masih banyak harapan di Indonesia. Padahal menurutnya, Indonesia punya potensi besar, punya banyak prestasi yang inspirational.”

    “Inspire Cast ingin berbagi ide, cerita inspiring, cerita menarik, tips menarik, dan mendidik sekaligus mengentertain.”  Bagi Marshanda, projek ini banyak memberikan impact bagi dirinya, ia banyak sekali bertemu dengan orang yang luar biasa, sumber inspirasi dan motivasi, dan memberi dorongan bagi hidupnya. Ia dan tim Inspire Cast menginterview orang tersebut dan merekamnya dengan audio visual.

    Salah satu  wawancara yang mereka lakukan adalah dengan seseorang yang telah mengunakan narkoba sejak usia 10 tahun, dipenjara berkali kali, terlibat dalam kasus kekerasan, dan sebagainya. Namun diusianya yang ke 22, ia berhenti  memakai narkoba dan berjuang untuk menjadi orang yang lebih baik dan berguna bagi masyarakat, dan sekarang ia menjadi motivator tersukses di Indonesia, ia adalah Adzani Dompas.

    Marshanda merasa bersyukur  dengan projek yang ia buat, baginya projek tersebut merupakan blesting dalam hidupnya.

    Marshanda berharap, bahwa masyarkat Indonesia tidak hanya tahu mengenai korupsi, kriminal, dan gosip, namun movement-movement positif yang dijalankan oleh anak-anak muda melalui organisasi non profit yang ada dimana-mana, seperti, Indonesia Future Leaders, Indonesia mengajar, dan sebagainya.

    Putri Sulung pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan ini masih sibuk dengan shooting sinetron yang akan tampil beberapa bulan lagi di televisi.  Ia memulai karirnya di dunia iklan sejak kelas 1 SD, selanjutnya ia membintangi iklan di televisi dan media cetak, seperti filma, Cadbury, Supermi Ayam, dan sebagainya.  Ia juga membintangi  berbagai sinetron seperti,  Jinny oh Jinny, Bidadari,  Kisah Sedih di Hari Minggu, dan Kisah Kasih di Sekolah.

    Ia menikamati semua jadwal padatnya di dunia keartisan yang dimulainya sejak SD tersebut.  Pada acara Asian Award 2004, Marshanda mendapat penghargaan sebagai “The Most Brilliant Person”. Penghargaan ini diberikan kepada Marshanda karena selain aktif di dunia seni peran, ia juga dianggap berprestasi di sekolah. Ini terbukti dengan keberhasilannya lulus SLTP dengan nilai yang cukup memuaskan. Ia juga dinobatkan menjadi Duta Lingkungan Hidup 2006.

    Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Inspire Cast ada di inspire-cast.com.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here