More

    Wow! Sebanyak 1.665 Mahasiswa Unair Terjun Ke Desa

    Frino Bariarcianur

    Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN BBM) Universitas Airlangga tahun lalu. FOTO : HUMAS UNAIR

    SURABAYA, KabarKampus—Dalam upaya mengabdikan ilmu pengetahuan ke masyarakat, Universitas Airlangga (Unair) menerjunkan 1.665 mahasiswa ke berbagai desa di Jawa Timur. Program ini dinamakan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN BBM).

    Mahasiswa akan diterjunkan di daerah Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Bojonegoro, dan Sampang. Selain itu ada juga yang ditempatkan di Halmahera dan Lampung Selatan.

    - Advertisement -

    Dalam siaran pers Humas Unair menyatakan bahwa KKN BBM ke-45 kali ini mempunyai 4 bidang garapan, yaitu kesehatan, perancangan bisnis, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan. Keempat bidang garapan itu kemudian diwujudkan dalam berbagai program kerja nyata yang bertujuan untuk membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui pembentukan dan pembinaan pos pemberdayaan keluarga (Pos Daya).

    “Mahasiswa yang diterjunkan dalam KKN selain harus menjalankan program kerja, juga harus dapat mensosialisasikan beasiswa Bidik Misi. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak berprestasi di daerah pelosok untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” jelas  Dr. Djoko Agus Purwanto, Apt., M.Si., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

    Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, MT sangat menyambut program ini. Ia berharap kota Surabaya masih menjadi perhatian Universitas Airlangga dalam menjalankan program KKN BBM. “Surabaya masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu kami masih membutuhkan kehadiran mahasiswa untuk membantu percepatan pembangunan kota. Mahasiswa telah memberikan banyak inspirasi positif pada Pemkot Surabaya,” kata Risma.

    Pelaksanaan KKN BBM ini dimulai sejak 16 Januari – 11 Februari 2012.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here